Tampilkan postingan dengan label Pengetahuan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Pengetahuan. Tampilkan semua postingan

Gempa Bumi

 





"Pilihan Sulit Ketika Gempa Bumi Datang"

Ceritadiri.comSuka enggak sadar, karena memang "makanan" hariannya seperti itu.

Share:

Sentuhan Emas Dari Tangan Raja Midas




Ceritadiri.com ~ Sering dengar sih kata Midas, menebak saja.

Share:

Tokek Mitos dan Manfaatnya






Ceritadiri.com ~ "Duh, si Tokek kok pindah ke depan suaranya!" Gumaman saya yang setengah tidur.

Share:

Dewi Dari Sungai Gangga

 


Ceritadiri.com ~ Penasaran sih dengan sungai terbesar ketiga di dunia ini.

Share:

Pink Lady With The Pen

 




BAGIAN SATU
Share:

Spanish Moss





Ceritadiri.com - Sering lihat, tapi enggak pernah bertanya. 

Share:

Bidadari Berlampu

 




Ceritadiri.com ~ Sudah pada tahu dengan Florence?

Share:

Twibbon Flyer Untuk Lebaran





 Twibbon Flyer


Silahkan dipakai๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡


FLYER LEBARAN


FLYER LEBARAN1


FLYER LEBARAN2


FLYER LEBARAN3





Share:

Pemakaian Kata Perempuan atau Wanita




Kongres Perempuan Indonesia ke-1 diselenggarakan di Yogyakarta, Hindia Belanda (sekarang Indonesia), dimulai pada Sabtu malam 22-25 Desember 1928 dihadiri lebih dari 1000 orang.
Kadang sebagai perempuan banyak perasaan yang ada di hati. Kenapa ya?
Ah, enggak usah ditanya memang sudah kodratnya. Kita sudah diciptakan oleh Tuhan dengan cetakkannya. Jadi terima saja.
Yang penting setelah tercipta setiap individu mau "bergerak", enggak.

Baca Juga

Pernah enggak kenapa kalau menulis tentang sex gender saya lebih memilih kata perempuan daripada wanita?

Didalam KBBI kata perempuan didefinisikan sebagai berikut:
perempuan/pe-rem-pu-an/ (1) n orang (manusia) yg mempunyai vagina, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui; wanita (2) n istri; bini; dan (3) n betina (khusus untuk hewan).
Istilah "perempuan" umumnya digunakan untuk manusia segala umur. Sebutan umum untuk orang dewasa berjenis kelamin perempuan disebut wanita. Sementara itu, istilah untuk anak-anak yang berjenis kelamin perempuan disebut "anak perempuan", "cewek", atau "gadis".

Kenapa juga ditulis ibu pertiwi enggak bapak pertiwi. Nenek moyang enggak kakek moyang. Ibu kota bukan bapak kota. Ibu jari bukan bapak jari. Banyak frasa yang menunjukkan betapa mulianya perempuan.

Bahasa Indonesia sekarang banyak menggunakan pria dan wanita dibandingkan laki dan perempuan. Misalnya seperti Mempelai wanita, Mempelai pria. Toilet pria dan toilet wanita. Pria dan wanita adalah bahasa serapan sansekerta yang diartikan jantan dan betina.

Dalam etimologi Jawa, wanita berasal dari frasa Wani Ditoto yang berarti berani diatur. Kata  wanita dimaknai berdasarkan pada sifat dasar wanita yang cenderung tunduk dan patuh pada lelaki sesuai dengan perkembangan budaya di tanah Jawa pada masa tersebut.

Sementara itu menurut bahasa Sanskerta,  kata perempuan muncul dari  kata per + empu + an. Per memiliki arti makhluk dan Empu berarti mulia, tuan, atau mahir. Dengan demikian perempuan dimaknai sebagai makhluk yang memiliki kemuliaan atau kemampuan. 

Walapun kalau dilihat dari penciptaannya sebagai manusia ada kesetaraan gender. Tetapi di negara seperti timur tengah masih ada perbedaan seperti  perempuan tidak boleh "terlihat", Misalnya dalam pemerintahan tidak banyak perempuan yang dipilih sebagai kandidat untuk memimpin.

Beruntung hidup di zaman modern seperti sekarang. Emansipasi perempuan sudah mulai diperhatikan. Ada kementrian perempuan yang bisa menolong para perempuan menjadi leboh sadat diri. Bahwa mereka sungguh berharga.

Love, Audy

Reff:

Wikipedia

Staf UNAND





Share:

Baju Hangat Kesayangan

 



Tinggal di daerah dingin penampilan berubah pola makan minum, cara berpakaian apalagi.

Biasanya menikmati baju kaos plus celana pendek bersantai, duh ... duh ... bye bye.

Udara bisa di temperatur 15° sd 29° paling kerasa dingin itu subuh kepagi biasanya pukul 05.00 subuh misalnya 18° eh ... pukul 06.00 bisa ke 17° sampai sekarang masih berpikir, kan tambah terang udara kok tambah dingin hem ... apa karena dalam ruangan ya? 

Mudah-mudahan dapat penjelasan nih enggak ngerti pelajaran cuaca. Lol

Baju hangat yang enggak kepake di daerah panas sekarang mulai dikeluarkan diangin-angin. Di tinggal dalam lemari 12 tahun masih bagus juga hehehe. 'Kan aku apik orangnya.

Timbul rasa penasaran, siapa sih yang buat baju hangat atau nama keren nya sweater. 


Sejarah Sweater 

Sebuah sweater menurut definisi adalah top rajutan, dan pakaian rajutan telah ada sekitar waktu yang sangat lama. Jadi jawaban nyata untuk yang menemukan sweater adalah jawaban yang sama untuk "yang menemukan merajut".


Sejarah Awal Merajut di Eropa

Item rajutan paling awal di Eropa dibuat oleh Knitters Muslim dipekerjakan oleh Spanyol keluarga kerajaan Kristen.

Bukti ketrampilan merajut dapat dilihat pada beberapa item yang ditemukan di makam Biara Santa Marรญa la Real de Las Huelgas, sebuah biara kerajaan, dekat Burgos, Spanyol. 


Merajut 

(bahasa Inggrisknitting) adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut.  Merajut hanya menggunakan sehelai benang. Sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru. 

Menulis rajutan tanpa praktek bikinnya kadang enggak kebayang. 




Semoga bisa menambah info ya.




Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me

Another Blog :

KeCap Akoe

Renungan

Audy Jo Books Shop 






Reff:

Google 

Wikipedia

A&H

BP Paud


Share:

Penuaan Mulai Dari Kaki





'dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu." 


PENUAAN DIMULAI DARI KAKI KE ATAS. 

Membaca judul di atas ih kayaknya ekstrem banget. Terus perhatiin deh kaki diri. Hehehe sedikit berkerut tidak sekencang waktu muda sih. Terus perhatikan ke atas ..., iya ya ... kok berbeda. Coba deh cek diri.

Perasaan setiap hari sudah di kasih lotion, balm apalagi masker tetap tidak bisa kembali seperti waktu muda yang kencang. Walaupun masih berbangga diri ... masih mulus.

Membaca artikel tulisan yang dikirim di grup perlu direnungkan juga. 

Setiap hal yang baik boleh lah diikuti. Kalau untuk kebaikkan kita kenapa enggak.

Yuk baca informasi yang dikirim teman di grup WA semoga bermanfaat.


PENUAAN DIMULAI DARI KAKI KE ATAS. JAGA KAKI ANDA KUAT 

 ▪️Ketika kita tua, kaki kita harus selalu kuat.

 ▪️Ketika kita menua / bertambah tua, kita tidak perlu takut rambut kita beruban (atau) kulit kendur (atau) keriput.

 ▪️Di antara tanda-tanda *umur panjang*, sebagaimana dirangkum oleh "Prevention" Majalah AS, otot kaki yang kuat tercantum di atas, sebagai yang paling penting dan esensial.

 ▪️Jika Anda tidak menggerakkan kaki selama dua minggu, kekuatan kaki Anda akan berkurang 10 tahun.

 ▪️Sebuah penelitian dari University of Copenhagen di Denmark menemukan bahwa baik tua maupun muda, selama dua minggu *tidak aktif*, kekuatan otot kaki dapat melemah sepertiganya yang setara dengan penuaan 20-30 tahun.

 ▪️Saat otot kaki kita melemah, butuh waktu lama untuk pulih, bahkan jika kita melakukan rehabilitasi dan latihan nanti.

 ▪️Karena itu, *olahraga teratur seperti jalan kaki, sangat penting*.

 ▪️Seluruh berat badan / beban tetap dan bertumpu pada kaki.

 ▪️ Kaki adalah sejenis *pilar*, menahan beban tubuh manusia.

 ▪️ Yang menarik, 50% tulang seseorang dan 50% otot, ada di dua kaki.

 ▪️Sendian dan tulang terbesar dan terkuat tubuh manusia juga ada di kaki.

 ▪️ "Tulang yang kuat, otot yang kuat, dan sendi yang fleksibel membentuk" Segitiga Besi "yang membawa beban terpenting pada tubuh manusia."

 ▪️70% aktivitas manusia dan pembakaran energi dalam hidup seseorang dilakukan dengan dua kaki.

 ▪️Apakah kamu tahu ini?  Ketika seseorang masih muda, *pahanya memiliki kekuatan yang cukup, untuk mengangkat mobil kecil!*

 ▪️ Kaki *adalah pusat penggerak tubuh*.

 ▪️Kedua kaki memiliki 50% saraf tubuh manusia, 50% pembuluh darah dan 50% darah mengalir melaluinya.

 ▪️Ini adalah jaringan peredaran darah besar yang menghubungkan tubuh.

 ▪️Hanya *bila kaki sehat maka konvensi arus darah mengalir dengan lancar, sehingga orang yang memiliki otot tungkai kuat pasti akan memiliki _ jantung yang kuat*.

 ▪️ *Penuaan dimulai dari kaki ke atas*.

 ▪️ Seiring bertambahnya usia, akurasi dan kecepatan transmisi instruksi antara otak dan kaki menurun, tidak seperti saat seseorang masih muda.

 ▪️Selain itu, apa yang disebut Kalsium Pupuk Tulang cepat atau lambat akan hilang seiring berjalannya waktu, membuat lansia lebih rentan terhadap patah tulang.

 ▪️ Fraktur tulang pada lansia dapat dengan mudah memicu serangkaian komplikasi, terutama penyakit yang fatal seperti trombosis otak.

 ▪️Tahukah Anda bahwa 15% pasien lansia akan meninggal dalam satu tahun karena patah tulang paha.

 ▪️Melatih kaki, tidak ada kata terlambat, bahkan setelah usia 60 tahun.

 ▪️Meskipun kaki kita secara bertahap akan menua seiring waktu, melatih kaki kita adalah tugas seumur hidup.

 ▪️Hanya dengan memperkuat kaki, seseorang dapat mencegah penuaan lebih lanjut.

 ▪️Harap jalan kaki setidaknya 30-40 menit setiap hari untuk memastikan bahwa kaki Anda mendapatkan latihan yang cukup dan untuk memastikan otot-otot kaki Anda tetap sehat.




Love, Audy


Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me

Another Blog :

KeCap Akoe

Renungan

Audy Jo Books Shop 






Kutipan via WA grup


Share:

Pir Berduri Yang Berkhasiat

 



Semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;


"Duh dingin! Habis moto di depan, enggak pakai mantel." gumamku ke Hubby.

"Kenapa atuh, Ma?"

"Pikir enggak dingin. Lama kelamaan kok jadi menggigil," ucapku

"Sini dekat-dekat, minta kehangatan dong, Pa!" 

Lol ..., kemanjaan sore ini. Merajuk kedinginan. Salah siapa, suruh duduk di teras dengan baju daster tanpa baju hangat. Brrr ... 22°.

Menemani Hubby yang sedang nonton Animal Planets, sambil duduk mendekat suit ... suit ... cari kehangatan.

Baru duduk, takjub lihat gambar tupai sedang memakan buah pir berduri dari tumbuhan Kaktus Opuntia.


Pir Berduri atau Prickly Pears.

Wikipedia

Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Opuntia Ficus-Indica, Opuntia Ara India, Opuntia Ara atau pir berduri, adalah:

Spesies kaktus yang telah lama menjadi tanaman budidaya yang ditanam dalam ekonomi pertanian di seluruh bagian dunia yang kering dan semi kering. 

Opuntia Ficus-Indica adalah kaktus yang paling tersebar luas dan paling penting secara komersial. 


5 Fakta Unik Pir Berduri

1. Buah diketemukan di Amerika Utara.

2. Mengurangi kolestrol jahat.

3. Mirip buah naga dan  buah pir.

4. Bisa diolah menjadi produk perawatan kulit.

5. Menanam dengan cara di stek bisa di udara tropis seperti Indonesia.


Pir berduri ini bisa dibuat jus, selai, jeli, atau dimakan mentah sebelum makan jangan lupa dikupas kulit dan menghilangkan durinya yaa.


Selain dibuat makanan, juga sebagai bahan pengobatan alternatif karena banyak nutrisi berkhasiat untuk kesehatan 

contohnya:

1. Anti kanker

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Memperkuat tulang dan gigi.

4. Membantu menurunkan berat badan

5. Mengurangi peradangan

6. Anti oksidan.

7. Melindungi kesehatan jantung

8. Menjaga kesehatan pencernaan.


Selain buah pirnya, bagian kaktus yang mirip seperti daunnya (Kladodia) juga bisa dimakan. 

Di Meksiko, Kladodia dijual di pasar dalam keadaan segar. Namun, ada juga yang dijual dalam botol atau kaleng.

Gimana tertarik mau coba? Rasanya musti mulai melihat "kiri kanan" kalau lagi belanja, karena belum pernah perhatikan produk pir berduri ini.



Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me


Reff & Kutipan:

Wikipedia

IDN Times

Fakta Unik

Bobo

Share:

Bermacam Pisang untuk Kebaikkan






Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian. 




Pisang Or Banana


Biar keren saja pakai judulnya. Ahhh, maunya aja hehehe.

Kebiasaan ibuku tuh taruh pisang digantung di dinding. Suka kelupaan kalau ada pisang, jadinya pas sadar pisang udah keburu kuning. Sedangkan aku pantang makan pisang apalagi pisang yang udah matang banget. Gulanya tinggi bune!

Cuma hari ini rasanya pengen makan sedikit ... saja. Perut rasanya lagi panas. Asam lambung naik. Baca di Mbah Google katanya bisa untuk meredakan asam lambung. 

"Pa, tolong dong minta pisang yang agak hijau, dikit saja!" seruan manja minta tolong. " Kita bagi dua ya?"

Eh ajaib, beberapa menit makan pisang asam lambung engga perih lagi. Wah berkhasiat nih!

Jadi kepo deh sama pisang .. mulai mengulik mencari tahu. Ternyata ...

Khasiat dan manfaat pisang.

* Sumber Karbohidrat dan Vitamin A. Pisang kaya akan vitamin dan serat.

* Memperlancar metabolisme

* Meningkatkan kekebalan tubuh.

* Melancarkan aliran oksigen ke otak.

* Mengatasi Anemia.

* Menurunkan berat badan

* Menyehatkan tulang. 

* Mood food

* Merawat kulit.

Pisang dengan kalium atau  potasiumnya menjaga kesehatan jantung. Asupan kalium dan rendahnya natrium dapt mencegah darah tinggi. 


Manfaat pisang bagi kesehatan Wanita dan mendukung ibu hamil :

▪︎ Kaya serat kompleks

▪︎ Menurunkan tekanan darah tinggi 

▪︎ Menyembuhkan luka bekas jerawat.

▪︎ Baik untuk Anemia.

▪︎ Membuat pikiran bahagia

▪︎ Andalan diet.

▪︎ Menstabilkan gula darah.

▪︎ Meningkatkan sensitivitas  insulin.


Apakah pisang bikin gemuk?

Karena kalori dalam buah pisang tidak terlalu banyak, jumlah gula alami pada pisang tak perlu terlalu dipusingkan.

"Jika Anda mengkonsumsi sekitar 10 pisang, sekitar 1.000 kalori, Anda tentu bisa jadi gemuk karenanya.


Jenis pisang yang baik bagi kesehatan:

Pisang Ambon Putih (Cavendish).

Laman Livescience.com, menulis bahwa pisang Cavendish sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Kadar kalium yang terdapat dalam Cavendish lebih tinggi dibandingkan dengan pisang jenis lain, sehingga dapat menjaga kesehatan kardiovaskular dan menjaga tekanan darah tetap normal.


Manfaat pisang untuk pria :

• Meningkatkan vitalitas pria dan ereksi yang kuat saat berhubungan intim.

• Mengatasi tekanan darah.

• Menjaga kesehatan jantung.

• Baik untuk kesehatan pencernaan.

• Mencegah kanker ( kandungan pisang yakni lektin).

• Menurunkan kadar gula dsrah atau diabetes.


Efek samping pisang ambon:

• Meningkatkan kadar gula darah.

• Ketidakseimbangan hormon.

• Mengantuk dan tidak produktif. 

• Ketidakseimbangan elektrolit.


Pisang apa yang bagus untuk diet?

Pisang kepok, rendah lemak dan rendah gula sehingga aman untuk para diabetes. Dan banyak vitamin B baik untuk membantu proses metabolisme tubuh. Pisang berwarna kuning banyak membantu menurunkan berat badan walaupun banyak mengandung kalori.

Makan pisang yang dianjurkan 1 - 3 porsi sedang per hari, atau sebanyak yang kamu mau tapi asalkan sebelumnya tidak  mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

Apa yang terjadi kalau kebanyakan makan pisang?

Memicu Hiperkalemia

Pisang mengandung sumber kalium yang baik, tetapi nutrisi yang baik ini malah bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Makan kebanyakan pisang bisa membuat tubuh mengembangkan hiperkalemia, suatu kondisi yang mengganggu fungsi sel saraf dan otot.

Jenis pisang untuk diet:

1. Pisang Raja bulu

2. Pisang Mas

3. Pisang Cavendish

4. Pisang Kepok.

5. Pisang Ambon



Kira-kira demikan informasi yang dapat di rangkum. Semoga berguna.





Love, Audy Jo 

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me


Reff:

P2PTM Kemenkes RI

Kompas

Kompastyle

IdnTimes

Merdeka.com

Klikdokter

Guide

Cnn

Herstory



Share:

Susah-susah Gampang Cari Props Foto.





Cari prop kadang bingung untuk padu padan. Kadang lihat foto teman di Instagram suka bingung dan terkagum-kagum gimana caranya ada ide untuk buat hasil foto yang cantik.

Kadang yang tidak pernah terpikirkan, mereka lakukan. Pantesan foto jadinya cantik dan enak dipandang.
Aih bukan mau ngeblog tentang foto ya hehehe. Cuma mau cerita tentang prop.

Iya Props! Props adalah alat peraga atau properti yang digunakan sebagai alat bantu fotografer, khususnya pada food photography. Tanpa props hasil foto biasanya akan tampak 'plain' atau 'sepi'. Sebaliknya, jika props yang dipilih tidak cocok dengan tema foto, maka hal tersebut akan membuat foto tampak aneh. 
 Cuplikan dari Fullstop

Cari yang cocok sedikit bingung, cuma berpikir kalau buku cerita tentang 'Dongeng Sebelum Tidur' bagusnya apa ya? Prop yang ada cuma Teddy Bear.

Boneka Teddy Bear melambangkan apa ya?

Boneka Teddy Bear yang melambangkan kasih sayang membuat boneka ini digemari oleh banyak orang mulai dari anak – anak sampai orang dewasa.

Kenapa teddy bear?

Nama Teddy Bear Terinspirasi dari Nama Presiden.
Para kartunis pun berlomba-lomba menggambar sosok Pak Roosevelt. Nah, pada tanggal 15 Februari 1903 di Amerika, Morris dan Rose Michtom membuat boneka beruang. Beruang ini diberi nama Teddy Bear, terinspirasi dari nama Presiden Theodore Roosevelt tadi. Cuplikan dari Bobo Wikipedia

Ada 9 warna, arti boneka beruang

1. Boneka Beruang kuning

2. Boneka Beruang putih

3. Boneka Beruang ungu

4. Boneka Beruang merah muda

5. Boneka Beruang merah.

6. Boneka Beruang orange

7. Boneka Beruang Biru

8. Boneka Beruang cokelat.

9. Boneka Beruang hijau.

Jabarekspres


Kira-kira kalau buat Sist pengen dapat boneka warna apa?


Love, Audy




Ref:

Wikipedia

Bobo

Jabarekspres





Share:

Apa Arti PHH Mustofa



Hari ini jadwal keluar rumah. Rencana sih mau ke BPJS Kesehatan. Kartu mau di rubah tempat berobatnya.

Share:

Melati Belanda

 



Dutch jasmine flower




Tanaman jadi. 

Bunga melati belanda

๐ŸŒธmempunyai warna bunga putih ketika masih muda dan berubah merah ketika bunga mekar sempurna mempunyai aroma khas yg semerbak ketika malam hari.

๐ŸŒผ tinggi tanaman 30- 40cm

๐ŸŒธ cocok sebagai tanaman pagar /tanaman rambat

๐ŸŒผ tanaman menggunakan media tanam sekam mentah & tanah

๐Ÿ’ฎpenyiram sehari 1x tergantung cuaca





Love, Audy 




Share:

Perkenalkan Keluarga Scombridae







Tuna, Cakalang, Tongkol

Tiba-tiba kepikiran sama ketiga ikan ini. 

Gara-gara menu makan siang ada gorengan ikan Tongkol dan untuk akoe di buat kuah hahaha maklum mustinya hanya makan berkuah saja dilarang gorengan tapi suka nakal nih tangan colek yang gorengan. Ah memang yang dilarang itu lebih enak. Benar enggak?





Bentuk ketiga ikan ini mirip ya? Ternyata mereka masih satu keluarga tapi beda marga.

Perbedaannya

1. Tuna memiliki badan super besar dan berat, 

2. Tongkol lebih gelap warnanya dan lebih langsing.

3. Cakalang berwarna terang dibandingkan ikan Tongkol. Kadang Cakalang disebut ikan Tongkol Putih.

Bobo


Yang paling banyak di ekspor dari Indonesia adalah ikan Tuna dibanding konsumsi di dalam negeri.

Masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi ikan Tongkol dan Cakalang.

Dari ketiga ikan ini mana yang Anda suka? Semua enak juga kalau sudah di olah, apalagi kalau ditambah bumbu teman makannya seperti colo-colo.


Kriteria ikan

1.Tongkol adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Terutama menjelajah di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat, tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. Wikipedia

Nama ilmiah: Euthynnus affinis
Massa: 7,7 kg (Dewasa) Encyclopedia of Life
Klasifikasi lebih tinggi: Euthynnus
Status konservasi: Risiko Rendah Encyclopedia of Life
Spesies: E. affinis
Tingkatan takson: Spesies



2. Ikan Cakalang adalah ikan berukuran sedang dari familia Scombridae. Satu-satunya spesies dari genus Katsuwonus. Cakalang terbesar, panjang tubuhnya bisa mencapai 1 m dengan berat lebih dari 18 kg. Cakalang yang banyak tertangkap berukuran panjang sekitar 50 cm. Wikipedia

Nama ilmiah: Katsuwonus pelamis
Massa: 19 kg (Dewasa) Encyclopedia of Life
Klasifikasi lebih tinggi: Katsuwonus
Status konservasi: Risiko Rendah (Stabil) Encyclopedia of Life

Tingkatan takson: Spesies





3.Tuna adalah ikan laut pelagik yang termasuk bangsa Thunnini, terdiri dari beberapa spesies dari famili skombride, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang andal. Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Wikipedia

Nama ilmiah: Thunnini
Klasifikasi lebih tinggi: Scombrinae
Tingkatan takson: Tribus
Massa: Tuna sirip biru Atlantik: 220 – 250 kg, Albakora: 33 kg, Cakalang: 19 kg, Tongkol: 7,7 kg, lainnya Encyclopedia of Life






Sources:
Google 
Wikipedia
Bobo




Selamat makan.



Love, Audy






Share:

Buletin My World

Indonesia Website Awards

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri
Kehidupan pribadi yang penuh cerita, baik suka maupun duka. Rasa marah atau senang yang perlu ditulis. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Berbenah diri selalu.

Isi Email - Untuk Cerita Terbaru via Email

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Audy Jo

Audy Jo
Moms like to write, all about life, family and others related to life. Mentor Online Class for Women.

Ebook Audy Jo


Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

AJPena Jasa

AJPena Jasa
Buat Ebook Dan Blog