Sentuhan Emas Dari Tangan Raja Midas




Ceritadiri.com ~ Sering dengar sih kata Midas, menebak saja.

Apa masuk ke cerita kategori mitologi dari Yunani. Ihh, bikin semangat kalau sudah masuk ke ranah Yunani.

Suka banget dengan cerita mitos zamannya Zeus, Hercules, apalagi dewi-dewi cantiknya. Ada larangan enggak ya? kalau dari sisi keagamaan?

Midas sendiri dikatakan adalah salah seorang raja dalam mitologi Yunani. Dia adalah figur yang terkenal karena kemampuannya untuk mengubah semua yang ia sentuh menjadi emas. 

Kemampuannya disebut sebagai sentuhan Emas atau sentuhan Midas. Figur dalam masyarakat sebagai seorang yang rakus dalam mengumpulkan kekayaaan atau juga kekuasaan.

Midas juga terkenal dengan telinganya yang diubah menjadi telinga kelinci oleh dewa Apollo.

Ada beberapa versi berbeda tentang siapa Midas. Midas adalah anak adopsi, yang diangkat raja Gordias dan dewi Kibele, yang mana sebetulnya dewi ini memang ibunya Midas.

Dari cerita mitologi, Midas mendapat sentuhan emasnya dari dewa Bacchus, karena telah membantu menemukan gurunya yang hilang. Oleh karena itu, dewa Bacchus mau mengabulkan permintaan Midas.

Midas meminta semua yang disentuhnya menjadi emas.

Makanya selain arti dari sentuhan emas disebutkan juga keserakahan. Karena keinginannya semua barang yang disentuhnya menjadi emas, sampai putri Midas pun menjadi emas. 




Akhirnya, Midas menyesal dan minta dikembalikan menjadi dirinya semula.

Kalau membaca ceritanya, kadang di zaman sekarang perlu juga banyak sentuhan Midas. 

Kalaulah Midas bisa berpikir untuk meminta hanya satu tangan saja yaaa untuk merubah barang menjadi emas. 

Barangkali sudah kayanya minta ampun. Hehehe menghayal, mana ada zaman sekarang seperti itu, kecuali dengan bekerja keras untuk mengumpulkan butiran emas sedikit demi sedikit, lol.


Kontes antara Apollo dan Pan, Midas (ketiga dari kanan) diperlihatkan bertelinga kedelai.


Yang dapat dipelajari dari raja Midas bahwa semua emas di dunia tak membawa kebahagiaan. Kekayaan tak selamanya membawa kebahagian.

Tetapi tetap saja ada uang ada barang, benar enggak? Tergantung bagaimana seseorang itu mempergunakan keberuntungannya dalam hidup ini. Kalau bisa dipergunakan dengan bijaksana, kekayaan dapat menolong orang lain yang membutuhkan. Benar atau betul?!




Love, Audy

Reff :Wikipedia









Share:

1 komentar:

AJPena Online Class

Cerita Lain di Blog

Buletin My World

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Ebook Audy Jo







Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

Advertisement