Sering lihat, tapi enggak pernah bertanya. Kirain kayak penolak bala, hahaha. Kadang berpikir iseng amat nih Ibunda. Memasang untaian aneh.

Beberapa tahun sudah lewat hahaha, enggak pernah bertanya, tiba-tiba Hubby iseng nanya sama yang punya, alias ibu mertuanya. 

"Apa sih itu?"

"Oh, itu Jenggot Dewa."

"Haaa!"Ternyata ada namanya dan tanaman itu bernama Spanish Moss yang dikenal di Polynesia (Perancis) dengan nama "Grandpa Beard."  Janggut Kakek. Ya, ampun!!!

Kenapa Bisa Hidup?

Penasaran deh! Tanaman Spanish Moss disebut juga Janggut kakek. Sebutan lainnya Janggut Firaun, janggut Musa atau Janggut Dewa versi Ibunda saya. 

Tanaman Spanish Moss, cuma digantung doaaang! Enggak ada akarnya.Warnanya pucat, keperakkan. Sepertinya perak ada nuansa ungu muda kalau yang ada di rumah saya.

"Biasanya menjuntai panjang ke bawah. Karena panjang tanaman jadi dipotong." Begitu kata Ibunda.




Spanish Moss Tumbuh

Tanaman yang biasanya tumbuh di pohon besar di iklim tropis dan subtropis banyak ditemui di Meksiko, Bahama, Amerika Tengah , Amerika Utara, Amerika Utara, Bermuda, India Barat, Amerika Serikat bagian Selatan. Di-naturalisasi di Queensland (Australia)

Tanaman Spanish Moss biasanya ditemukan di dataran rendah juga di rawa-rawa kalau di Atlantic Tengah, atau Negara bagian Tenggara.


Cara Memperbanyak




'nd

Sedikit banyak, jadi mengerti dengan tanaman Spanish Moss ini. Walaupun kalau di bahasa Indonesia belum ketemu yang pas.

Saya rasa lebih tepatnya Janggut Kakek.



Love, Audy