Tampilkan postingan dengan label Kuliner. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Kuliner. Tampilkan semua postingan

Masak Ayam Fillet Jadinya Saus Padang




Buat karangan sendiri.

Share:

Harga Mie Instan Naik?




Oh, dari gandum?

Share:

Ice Cream Mixue Kekinian



Ceritadiri.com - Udara dingin, makan ice cream. Uuh, cicip dikiittt aja.

Share:

Tempat Makan Kenangan




Ceritadiri.com Rengengan manja, "Lapar, Pa!" Seperti biasa saya lakukan.
Share:

Tiramisusu Bandung

 




Lihat gambarnya saja suka bikin berliur
Share:

Perajin Tahu Tempe Mogok





Ceritadiri.com ~ Sehari bisa 20 tahu goreng habis ndilala. 

Share:

Gebrak Meja Sebelum Kenyang




"Gebrak Meja Sebelum Kenyang" 

Kalau membaca judul tulisan bikin geli sendiri.

Rasanya setiap makan harus "Kalau membaca judul tulisan bikin geli sendiri.

Rasanya setiap makan harus "marah dulu" begitu kira-kira kalau diartikan secara umum. Tetapi dalam arti sebenarnya, memang harus digebrak dulu sebelum makanan diantar.

Aneh tetapi nyata.

Sudah makan soto apa saja? Rasanya dari kecil makan soto itu menjadi tradisi kalau ibunda malas masak dan yang ikut makan banyak.

Soto favorit biasanya yang bening. Kalau jaman muda dulu ada tempat favorit di suatu supermarket terkenal di Gedung BIP Bandung. 


Setiap habis belanja biasanya ibunda suka ngajak duduk makan soto bening. Isinya cuma suiran ayam, telur dan kerupuk udang. Kalau suka jeruk nipis tinggal peras jadi sedikit asem dan segar. Nikmat banget. 

Jadi kalau diajak belanja sudah pasti tunjuk tangan mau menemani bunda belanja, dengan harapan setelah belanja makan soto yum-yum.

Sudah lama ga mampir kesini. Apa masih ada enggak ya?

Kuliner yang terkenal di gedung BIP makanan cepat saji Texas Fried Chicken. Sayang sudah enggak terdengar.

Sampai sekarang cari kuliner soto yang sama dengan yang di gedung BIP Bandung enggak ketemu.

Buat soto di rumah juga enggak sama rasanya. 


Kebiasaan bikin soto di rumah biasanya hanya berisi suiran.ayam, belahan rebusan telur, soun, daun bawang selderi yang diiris halus, kerupuk dan yang paling paling cepat habis kwntang goreng.

Kentang goreng paling top dengan soto bening biasanya dibuat mirip persegi jadi enggak besar potongannya. Hampir seperti keripik tapi di bagi 2 deh. Dibuat kecil biar dapatnya banyak.

Kebiasaan itu menurun. Walaupun pindah daerah mengikuti suami favorit soto enggak pernah berubah. Kecuali untuk jaman sekarang sudah tersedia bumbu sachetan dari indofood. Rasa enggak terlalu pas dengan lidah. Tetapi kalau mau cepat, apa boleh buat.

Kalaupun datang malasnya, biasanya beli saja.

Soto di sini terkenal dengan gebrakannya. Nama sotonya juga unik. Soto Gebrak.

Sudah pernah makan Soto Gebrak?

Tempat makan soto kesukaan enggak jauh-jauh dekat rumah. Kalau di BSD terletak di ruko Versailes Serpong. Tempat di sini sudah terkenal dengan soto gebraknya.

Soto dengan kuah bening kekuningan bisa dicampur dengan perkedel, atau sate lilit atau paru yang ditusuk dengan lidi, yaa seperti sate juga hehehe. Dari semua yang paling enak campurannya menurut aku sih pakai emping. Iihh! Berliur!

Sambil menulis makanan di waktu jam makan siang itu tantangan hahaha. Air liur sudah berkumpul tetapi tulisan harus cepat selesai, supaya bangun dari khayalan karena soto tidak ada di meja makan. Digantikan dengan menu tumis kangkung, tempe bacem dan ikan goreng.

Soto favorit keluarga menjadi makanan andalan kalau lagi malas masak. Apalagi kalau lagi banyak keluarga yang datang. Makanan dengan porsi banyak tapi murah. Tinggal pesan atau makan saja di tempat.

Yang menjadi masalah besar itu suara menggelegar yang terjadi di kedai soto membuat suka deg-degkan ga karuan.

Kalaulah suara gebrakan bisa diprediksikan hati ini bisa bersiap-siap. 

Setiap fokus teralihkan tiba-tiba "gebrakkkk!" meja dipukul,rasanya hati ini melayang, mental jauh keluar.

Lebih baik pesan soto via telpon atau melalui aplikasi saja kalau tidak kuat dengan gebrakan botol di meja.

Enggak boleh marah nih kalau makan di sini, namanya juga soto gebrak dan yang pernah makan di sini semua ambil resiko untuk terkaget-kaget.

Jadi kalau ditanya pada saat perut lapar pilih makan kenyang atau jantung berdebar-debar?" Jawabannya ...?


 


Love, Audy

Ceritadiri.com 

Cuap-cuap akoe

Share:

Yang Hangat di Udara Dingin

 


"Makanan yang Bikin Nagih"

Ceritadiri.comPernah enggak kepikiran, "Kenapa kalau bakso atau yang berkuah panas paling enak makan di Bandung?" 
Share:

Momen Keseruan Yang Dilalui Hari Ini.

Share:

Sejarah WARTEG Sejak Dahulu Kala

 


Ceritadiri.com ~ Warung Tegal Bahari  adalah salah satu jenis usaha Gastronomi yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Share:

Yang Masih Bertahan Saat Ini

 



Anglo

Teringat jalan kecil ini, sewaktu mencari cara menuju gedung tempat belanja barang kebutuhan rumah-tangga.



"Wah masih ada tempat makan nasi goreng. Masih ingat enggak, Ma?" Pertanyaan yang dilontarkan  bekas pacarku.  

"Emang pernah makan disini? Kok lupa ya? Hayoo makan sama siapa? Perasaan enggak pernah makan disini!"

Guyonan sudah umur segini dilontarakan biasa saja, cuma terus dicubit deh pipinya hehehe.



Sekali jalan masih belum terkumpul memorinya yang sudah terlupakan. Kenapa bisa lupa? Apa pernah kesini?

Lewat beberapa kali akhirnya ... ya sudahlah, benar barangkali pernah makan disini. Apa kata yang ajak aja dulu hehehe.

Seperti sore ini udara lagi dingin, hujan turun, berhenti sebentar terus gerimis lagi. Buat suasana jadi muram. Ah makan yang hangat yuk.


Disebelah warung makan nasi goreng kenangan ada cuanki hangat mampir deh. Di depan warung kecil ini ada tempat nongkrong juga yang cantik, sepertinya edisi selanjutnya boleh ngintip tempat ini.

Sambil mengingat warung nasi goreng kenangan, ternyata masih seperti dulu, masaknya di atas anglo.

Penasaran apa itu anglo?

Anglo adalah tungku dengan fungsi seperti kompor yang terbuat dari terakota (tanah liat). Berbeda dari kompor, anglo tidak memiliki ruang pemanas tertutup, sehingga api pembakar terbuka langsung dari bahan bakarnya. Wikipedia 


Pembakaran yang dipakai masih dengan arang, kalau dipikir sudah berapa tahun ya ... lama sekali sejak bekas pacar masih kuliah. Tetap awet enggak berubah atau pemiliknya sudah berubah. Bertanya-tanya dalam hati karena tidak tahu info karena belum coba makan disini lagi. Semoga ada kesempatan mencoba nasi goreng anglo ini.

Have nice Friday.




Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me






Cuanki

Cuanki

Nasi goreng Anglo







Referensi:

Wikipedia

Nasi goreng Anglo jl. Mangga Bandung

Cuanki Serayu Cabang Jl. Mangga Bandung

Share:

Gluten



Gluten adalah campuran amorf dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Dari ketiganya, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutennya. Wikipedia
Share:

Daripada Kesasar Apa Boleh Buat

 


Ceritadiri.comAih ... STNK habis masanya musti diperpanjang.

Share:

Bulat Kecil Menggiurkan




Ceritadiri.comMacaron adalah kue berbentuk bulat kecil, aneka warna, renyah di luar, namun bagian tengahnya terdapat krim lembut yang lumer di mulut.

Share:

Ternyata Ada Juga Wisata Kebun Di Pagar Alam




Tiba-tiba jadi teringat tempat masa kecil. Perjalanan hidup yang berpindah-pindah mengikuti ayah yang bertugas mencari minyak bumi.

Menghirup udara Sumatera berbeda dengan udara di Jakarta. Rasanya seperti menghayal, udara Sumatera seperti tercium bau aroma empek-empek dan tekwan  yang terbuat dari ikan asli, bukan dari aci, walaupun yang aci spesial isi daging juga uenak seperti jualanku ... hahaha ....




Terahir mampir tahun berapa ya? Lumayan sudah lama. Apa 25 tahun yang lalu?

Paling menakutkan sewaktu menyeberang dengan kapal dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. Dan Sebaliknya. Enggak tahan dengan ombak.

Ah sudahlah, cerita masa lalu pasti enggak habis-habis. Kadang teringat peristiwa yang menyenangkan dan yang menyedihkan.

Ih ... karena lihat acara di Televisi tentang Kebun untuk tujuan wisata. Wisata Jeruk Gerga dari Pagar Alam Sumatera Selatan, jadi ikutan flash back. Padahal  yang di ceritakan hanya komoditi buah yang ada di Sumatera Selatan.




Iya ..., soal buah hahaha. Surprise .... Terheran-heran ... selama hidup di Sumatera enggak pernah tahu yang namanya Jeruk Gerga.

Kamu tahu?

Barangkali pernah makan, tapi enggak pernah tahu nama jeruknya. Maklum waktu itu masih Sekolah Dasar, jadi hanya tahunya makan dan makan.


Jeruk gerga.

Bahasa Sumatera Limau Gerga. 

Memiliki rasa manis dan asam. Sehingga rasa segar terasa dimulut. Disukai oleh masyarakat setempat.





Cara memotong :

Tidak bisa sembarangan. Memetik dengan alat yang mirip dengan gunting tetapi hampir mirip model tang.

Jeruk gerga dalam tangkai kalau sudah kuning semua bisa langsung dipotong dengan tangkainya. Kalau belum semua dipilih saja yang sudah kuning.




Cara makan jeruk Gerga.

Seperti jeruk lainnya bisa dikupas. Atau lebih cantik diiris menjadi 8 potongan slice




Di masa seperti sekarang kita perlu lebih banyak asupan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit. 

Banyak juga suplemen yang tersedia di toko obat. Bingung kadang untuk memilih yang terbaik. 



Kembali saja ke alam, makan vitamin dari buah-buahan yang sudah Tuhan sediakan. Seperti Limau Gerga ini. 

Semoga bermanfaat.



Love, Audy




Reff Google dan App Online shop.






Share:

Dolan Ke Kampung Nenek Ketemunya Rujak Gamel




Senangnya ... beruntung punya orang tua yang suka pindah-pindah rumah. Hahaha dalam artian tugas bapak suka pindah keluar kota.
Loh kok bisa?
Bisa dong. Kalau tempat kerjanya harus di hutan. Ayoo.. tambah kepo hihihi. Kerjaan Bapakku enggak bisa di tengah kota. Kadang ketemu ular, macan, monyet. Babi hutan juga pernah.

Baca juga

Masalahnya, pas pindahan aku tuh masih kecil jadi belum kepikiran ciri khas setiap daerah. Maksudnya enggak terlalu dipikirkan gitu hehehe. Apalagi soal makanan. Yang penting makanan enak pasti dimakan.

Kayaknya belum pernah nginjak kaki ke Irian deh. Takut sama yang di sana. Kebanyakan main di daerah Sumatera.

Lahir di Jakarta, besar di Sumatera Selatan. Di Kota Prabumulih. Jadi yang namanya kuliner cuma tahunya empek-empek ikan. Duh air liur menetes kerasa bumbu cukanya. Yummm ....

Sayangnya waktu di Prabumulih belum bisa masak, apalagi bikin empek-empek. Padahal makanan ini asli daerah sana. Beda banget dengan yang dijual di Pulau Jawa. Entahlah ..., kecuali yang buat orang Palembang pasti mirip rasanya.

Gimana menurutmu?

Dari Sumatera, pindah Kalimantan kembali ke Pulau Jawa. Nah ..., sudah mulai ngerti nih soal makanan.

Memasuki masa SMA, mulai senang kulineran. Sesuai kantong ya hehehe. Maksudnya sesuai uang jajan yang diberikan orang tua. Paling enak kalau ada yang traktir, aih lebih asyik lagi.

Besar di Cirebon banyak kulineran yang sering di datangi. Ada empal gentong, nasi lengko, tahu gejrot, kerupuk melarat, nasi jamblang. Ini nih kesukaan nasi jamblang, paling asyik makan di atas daun jati. Rasanya gimana gitu. Dengan daging ayam berkuah atau opor yang pedas, tahu, tempe. Kayaknya enggak pernah absen makan ini tiap minggu.

Salah satu kulineran yang ada di Cirebon juga ada rujak. Tahukan rujak?


Apa sih rujak itu?

Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah yang dicampuri cabe. Rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Beberapa jenis rujak antara lain: Rujak Cingur, Rujak Manis, Rujak Petis, Rujak Soto, Rujak Tahu, Rujak Mamak. Wikipedia

Tempat asal: Indonesia

Kata rujak sendiri buat aku langsung terbayang buah-buahan yang diiris ditaruh dalam satu piring. Dengan bumbu gula merah yang dicampur dengan kacang tanah yang diulek plus dikasih cabai. Wuih membayangkan saja udah keluar air liurnya. Kayaknya kerasa asamnya mangga nih di mulut. Hahaha ....

BACA JUGA

Sudah pernah merasakan rujak apa saja nih!

Rujak buah yang sudah pernah aku coba:

- Rujak Bรฉbรฉk.

- Rujak Petis.

- Rujak Donggala yang berkuah khas Cirebon sudah juga.

- Kalau Rujak Cingur belum pernah. Iihh ..., kebayang hidung sapi jadi nggak pernah mau makan.

Iyaa ..., arti cingur kan hidung sapi. Iihh. Kalau aku sih ga suka.

Kamu, Suka?

Ngomong-ngomong soal rujak di Cirebon, ada yang namanya:

1. Rujak kangkung.
2. Rujak gamel yang berasal dari daerah Gamel, kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.
Isiannya tidak berbeda dengan rujak pada umumnya. Isinya berupa rebusan kangkung, mie, kol ditambah mentimun, tahu dan gorengan.

Kerupuk teles


Bedanya rujak gamel dilengkapi dengan kerupuk teles atau kerupuk basah. Kerupuknya direbus, tidak digoreng. Teksturnya kenyal dan gurih. Sensasi pedas dari sambal terasi terasa.


Rujak Gamel


3. Rujak Kucur
Diberi nama kucuran karena disiram dengan sambal kacang, sambal asem yang pedas atau keduanya. Isinya hampir sama dengan yang umum, kecuali ditambahkan mie kuning, soun, atau bihun, pare dan daun pepaya.

Rujak Kucur


Ngobrol tentang makanan enggak ada habisnya. Rasa lapar mendera. Yuk makan dulu!

Yang ada saja di meja makan.



Love, Audy


Tulisan ini diikutsertakan dalam 15 Days Writing  Challenge Blogger Pemula

(3)

ref :


Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me





Share:

Cafe Kenangan Wong Londo




Ceritadiri.comTerbayang enggak Judul postingan ini?
Share:

Tahu Tempat Makan Mie?







Ceritadiri.comKalau ke Bandung jangan lupa mampir ke Mie Naripan.
Share:

Toko You Bandung






Ceritadiri.com  ~ Kalau lagi main ke  Bandung coba deh mampir ke tempat makan legendaris yang bernuansa klasik tempo doeloe.
Share:

Buletin My World

Indonesia Website Awards

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri
Kehidupan pribadi yang penuh cerita, baik suka maupun duka. Rasa marah atau senang yang perlu ditulis. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Berbenah diri selalu.

Isi Email - Untuk Cerita Terbaru via Email

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Audy Jo

Audy Jo
Moms like to write, all about life, family and others related to life. Mentor Online Class for Women.

Ebook Audy Jo


Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

AJPena Jasa

AJPena Jasa
Buat Ebook Dan Blog