Beautypreneur

 







Audy Jo

"Wah, Dia buat juga!"

Prolog

Pertanyaan di benak, ketika melihat kehebohan yang terjadi di media sosial. Semua bermula dari iklan baliho* besar, di pinggir jalan,  arah Jakarta yang tulisannya 'OTW Jakarta' serasa mengajak pembaca ke Jakarta. 

Para pakar politik mulai mengangkat suara. Mulai dari pencalonan gubernur sampai ke arah menteri. Semua merasa benar dengan pendapat masing-masing. 

Kalimat negatif mulai bertebaran dimana-mana. Bingung juga, mengapa harus keluar kalimat negatif menuduh orang dengan cara yang tidak bermartabat. Kalaulah mereka mempunyai satu tujuan dalam politik atau pemerintahan, bersaing sehat dan jujur itu lebih baik. Wong sama-sama memajukan negara tercinta, Iya enggak?

Cukup miris juga deh melihat yang terjadi. Semua saling menjatuhkan. Saya sudah pasti tidak mau pilih orang-orang yang berpikiran picik. Beruntung kelihatan di depan, kalau enggak tambah bobrok pemerintahan yang akan datang.

Eaaaa kok jadi melantur yak! Sebetulnya cerita yang  mau dibuat tuh bukan ke politik, hehehe. Jurusannya bertolak belakang. Hanya gara-gara baliho besar di pinggir jalan yang ada gambar eks gubernur Jawa Barat ... itu loh ... ah sebutkan saja Ridwan Kamil, semua jadi ribut. padahal ... ternyata ... iih! panjang banget perkenalannya. Baliho itu hanya sebuah pernyataan dagang. Iklan!

Memang dengan kalimat ' OTW Jakarta Nihh' terpampang di baliho yang ada tuh membuat orang berasumsi kalau beliau akan mulai karir politik di Jakarta, padahal biasanya beliau banyak di Jawa Barat.

Saingan Bertambah

Brand 'R1 formen'. Cie ... semoga aja habis di post tulisan ini dapat perhatian hahaha! Merek dagang akhirnya jadi terkenal karena keributan baliho itu. Semua jadi terhenyak. ternyata baliho itu iklan produk perawatan kulit atau skincare untuk pria yang akan diluncurkan di Jakarta pada tanggal 18 Maret 2024, karena merek dagang sendiri maka yang punya brand boleh dong jadi modelnya. Tulisan yang tertera serasa mengajak para pembaca untuk datang ke Jakarta.

Saya merasa seperti kecolongan. 'Dia duluan euy buat skincarenya' sedangkan saya masih berdoa untuk keajaiban yang akan terjadi. 

Tentulah untuk memulai satu usaha, khususnya produk skincare ini memerlukan modal yang tidak sedikit. Sebelum terjun nantinya, sedikit banyak kita harus mengetahui apa sih tujuan yang akan dilakukan. Dengan berbagai macam skincare yang ada tentu harus dimengerti satu persatu. Mau buat produk apa?

Apa Itu Skincare?

Produk Skincare adalah produk yang berfungsi untuk merawat kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Umumnya skincare dapat berupa krim, losion, serum, toner, masker, pelembab, pembersih, scrub dan masih banyak lagi. 

Saya tidak terlalu dalam menelaah para produk tersebut. Hanya merasa sedikit iri aja hahaha. enggalah! Hanya yahhhh ... kapan saya bisa melangkah masuk ke dalam bisnis skincare, karena saat ini masih bergumul dengan kuliah Ananda yang besar. 

Saya ingin semua berjalan dengan baik dan usaha yang ingin saya buat untuk anak-anak saya nantinya, khusus untuk Ananda yang cantik. 

Tidak banyak juga sih produk yang saya inginkan hanya satu saja. Informasi sudah dikumpulkan. Berapa biaya yang harus dikeluarkan. Beberapa perusahaan sudah dipelajari, tinggal cari di media sosial.
Ternyata harga yang tertera di iklan setiap media sosial berbeda pada saat saya hubungi.

Saya baru mengerti perbendaharaan kata  yang ada di usaha ini, seperti maklon berasal dari bahasa Belanda maakloon yang berarti "biaya produksi". 

Istilah maklon sebenarnya sudah tidak asing ladi dalam dunia bisnis, terutama di bidang pakaian dan kosmetik, dengan kata lain, maklon diartikan jasa pengolahan produk yang dilakukan oleh pihak lain atau perusahaan maklon. 

Berbisnis Skincare Buat Pemula

Ternyata sebagai pemain pemula dalam bisnis skincare untuk membuat sebuah produk tidak mudah, apakah ...

1. Sudah menentukan Jenis bisnis yang mau dilakukan.
Dengan banyaknya produk yang ada, kalau modal banyak sih tidak masalah. Kita bisa menpunyai brand atau merek skincare sendiri. 

Kalau tidak punya modal banyak bisa juga menjadi reseller saja. Membeli dari supplier lalu memikirkan pemasarannya.

2. Lakukan riset.
Setelah menentukan jenis bisnis, melakukan riset untuk menentukan target pasar dan trend industri kecantikaan saat ini. 

Harus memahami permasalahan kulit yang biasanya terjadi pada kulit masyarakat Indonesia. Untuk ini saya memang lebih memilih target anak-anak remaja dengan permasalahan kulit seperti jerawat dan bekas yang ada. Juga untuk memutihkan kulit khususnya kaki karena terjadi warna kehitaman  bekas garukan karena digigit nyamuk atau gatal disebabkan kulit mengering.

3. Memilih supplier atau perusahaan yang terpercaya. Begitu banyak perusahaan atau pabrik skincare khususnya pabrik maklon yang menjamur di media sosialmenawarkan keunggulan pabrik dalam menciptakan maklon untuk brandskincare sendiri.
(Ps. Siasat saya cuma satu siapa follower account tersebut )

4. Promosi di Media Sosial
Dengan era digital saat ini semua lebih mudah. Tidak seperti zaman dulu, semua harus disebarkan dengan selembar kertas seperti kertas brosur sampai membayar sejumlah dana untuk dipasang di lembaran koran dan majalah-majalah yang masih merajai media sosial.

5. Marketplace
Platform marketplace bisa membantu jualan secara online. Baik tokopedia atau shopee dan banyak lainnya memudahkan penjualan bisinis kita. Apalagi dengan sistem langsug dibayarkan melalui marketplace online memudahkan kita untuk bertranssaksi secara aman.

6. Mengajak Influencer
Untuk strategi pemasaran juga bisa kita pakai influencer yang memang sudah terkenal di media sosial. Sesuai kebutuhan saja ya sobat, karena kita tahu berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memakai jasa mereka. Apalagi kalau baru mulai dengan modal pas-pasan.

7. Pelayanan yang baik
Jika pembeli puas tentu akan kembali membeli produk kita terus. Barangkali ada beberpa promosi yang bisa kita berikan ketika sudah mencapai beberapa target. 

8. Keuangan
Nah ini yang penting ... dalam bisnis tentu saja kita mendpatkan tujuan utamanya ... uang. Dengan keuangan yang baik tentu bisnis akan menjadi besar. 

Standar Maklon

Ada beberapa syarat standar maklon di perusahaan. Tetapi ini tergantung perusahaan yang kita pilih karena berbeda penanganannya:

1. Memiliki brand yang terdaftar HKI* :
HKI adalah pendaftaran Hak Paten untuk merek atau brand sendiri. Bisa daftar mandiri ke Kantor DJKI* atau bisa juga lewat jasa layanan bantuan hukum (notaris), dan bisa juga melalui layanan yang disediakan perusahaan. 

Hanya beda di biaya saja, Kalau daftar mandiri biayanya 1,8 - 2,5. Kalau layanan hukum biaya yang dikeluarkan di atas itu. Sedangkan di perusahaan yang ditunjuk biaya bervariasi. (untuk perusahaan ada yang 4 juta)

2. Dibawah sebuat PT atau CV 
3. Memiliki NPWP
4. BPOM
Biasanya legalitas BPOM, halal MUIsampai kelengkapan legalitas sudah diurus oleh perusahaan maklon
5. PPN


Contoh Paket Bisnis yang Ditawarkan :

(Semua contoh di bawah di ambil dari percakapan pribadi)

Contoh Kesatu :

PAKET BISNIS SKINCARE

- Brightening Series

Dirancang khusus untuk mencerahkan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi. Dengan kandungan bahan niacinamide, skincare brightening dapat membantu mengurangi noda gelap, meratakan warna kulit, dan memberikan kilau alami.

- 100 paket
- 300 pcs produk
- 3 item masing² 100 pcs = Rp. 11.780.000*

- Anti Aging Series

Memiliki manfaat yang signifikan untuk merawat kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Produk ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerutan, dan menjaga kelembaban kulit. 

- 100 paket
- 300 pcs produk
- 3 item masing² 100 pcs = Rp. 13.710.000

- Anti Acne Series

Berfokus pada penanganan jerawat yang sudah ada, dan juga dapat berperan dalam mencegah munculnya jerawat baru, sehingga memberikan kulit yang lebih bersih, sehat, dan bebas jerawat.

- 100 paket
- 300 pcs produk
- 3 item masing² 100 pcs= Rp. 11.460.000

Notes:

- exclude HKI
- include PPN
- item bisa dikurangi per seriesnya
- pendaftaran HKI* Rp. 2.000.000, nantinya akan ditotalkan dengan rangkaian yang di ambil
dengan bundling yang ditawarkan, nanti sudah include produk yang sudah BPOM serta halal, packaging, box, free design label, dan sring holo, sudah ready jual.

***

Contoh Kedua:

BPOM PELIMPAHAN MERK


Apa itu pelimpahan merk? 
Tetap memakai merk Perusahaan, namun saat daftar bpom bisa request nama yang diinginkan

Untuk nomor BPOM berbeda tiap varian produk Pencarian di BPOM tetap pakai merek perusahaan, namun tetap terbaca nomor BPOM customer sesuai dengan permintaan penamaan di awal.

Contoh : "nama merk yang di request .. brightening day cream"

- Proses BPOM 30-60 hari kerja sejak dokumen persyaratan diberikan ke kami
- Haki ( opsional ) 
- Biaya BPOM 1.500.000 / no notifikasi atau per varian
- Nomor BPOM milik pribadi ( tidak sama dengan brand lain ) 
- Pengambilan 500pcs GRATIS 50pcs produk yang sama 
- Pengambilan 1000pcs GRATIS 100pcs produk yang sama 
- Pengambilan 2000pcd GRATIS BPOM 1 varian dan GRATIS 100pcs 
Untuk ingredients, warna, wangi dan lain lain nya tidak bisa request.


Contoh Ketiga

Prosedur Maklon


1. Memiliki HAKI dikelas 3 untuk kosmetik dan skincare, jika belum punya HAKI  bisa dibantu Melakukan pendaftaran HAKI sebesar 3,5jt rupiah. Setelah merk keluar, bisa memilih produk apa yang ingin di maklonkan. 
2. Melakukan pendaftaran produk BPOM sebesar 2 jt per 1 varian produk. (Dilakukan oleh PT )
3. Proses Sampling gratis bagi yang sudah melakukan pembayaran BPOM dan deposit 50% dari estimasi total produksi

Setelah no BPOM keluar, produk sudah bisa di produksi oleh PT.

contoh produk:
- Body lotion estimasi mulai 25rb/100ml (harga belum termasuk kemasan)
- Bisa request ingredients.
- Ada MOQ (Minimun Order Quantity)

Untuk maklon orderan pertama 500pcs/produk 
Jika 2 varian produk atau lebih, orderan pertama 250pc/produk


Contoh Keempat :

 Produk Skincare dan Herbal

- 100 set untuk minimal order nya
- 108rb satu set blm ppn 11% 
Sudah include kemasan dan stiker

- Badget produksi ada yang 
= 10.800.000
= 14.000.000
= 15.300.000

Ini biaya produksi saja diluar dari badget biaya pengurusan paten merek dan biaya daftar BPOM

- Syarat maklon bisa dengan KTP  dan sudah punya HKI 
- Biaya daftar BPOM 1.5jt per produk include Halal. Proses BPOM 3 Minggu
- Proses dengan CV, PT juga bisa
- Proses daftar BPOM nya 4-5 bulan (Audit BPOM ke CV atau PT terlebih dahulu)
- Qwantity per produk 100 paket 
- Repeat order 3 bulan 
- Kemasan  standar sesuai WLW free sticker ukuran standar dan free disign



Produk yang ditawarkan Skincare dan Herbal :

-  Harga negotiable. Jadi harga ini hanya sebagai harga patokan yang sudah dihitung dan menggunakan ingredients yang premium . Untuk ukuran yang ditulis di katalog masih bisa di adjustable tergantung dari keinginan customer

Contoh Promo yang Ditawarkan :

NEW YEAR PROMO ( Berlaku sampai 31 JANUARY 2024 )

Ketentuan produksi MOQ 100 PCS
Pilihan produk yang saat ini tersedia:

1.Paket Skincare Whitening : Day cream, Night cream, Serum, Toner, Facial wash
2. Paket Skincare Instan Whitening (whitening): Day cream, Night cream, Serum, Toner, Facial wash
3.All in Serum with Retinol
4.Skin Barrier Moisturizer
5.Whitening Booster Body lotion

Formulasi dari Kale Production artinya komposisi sudah ready, sudah teruji dan best seller. Keefektifan bisa dibuktikan dalam 7-14 hari pengunaan. Formula ini sudah tidak bisa diubah. 

- Harga include PPN dan Packaging & Design. Tersedia pilihan kemasam, ( untuk design sudah ditentukan )
- Proses sampling - produksi kurang lebih +- 2 bulan kerja tidak terhitung sabtu dan minggu. Ketentuan saat reorder, customer tetap mengikuti MOQ 100 PCS
- Biaya Sample ( pengerjaan 7-14 hari kerja )

a) Skincare Set : Rp 600.000 / Item 
b) Single Product : Rp 250.000 / item


- Free Consultation, let’s discuss

COLLAGEN DRINK MOQ 50 PCS ( untuk ukuran 55 gram, 100 gram & 200 gram )

• Kualitas super premium tidak perlu diragukan bisa cek sorotan testimonial banyak testi collagen 
• Sudah mengandung Collagen Tripeptide/ Peptide / Marine , L- Glutathione, Vitamin C
• Harga diatas sudah include dengan Standing Pouch Full Print + Jasa Free Design Kemasan dari kami ( Design dan logo refrensi dari pihak customer )
• Untuk Ijin , produk didaftarkan dengan IJIN PIRT : Rp 350.000 / Varian ( 2 Hari Kerja )
syarat hanya KTP dan NPWP
• Proses pengerjaan 14 hari kerja dihitung sejak ijin keluar dan design ACC tidak terhitung SABTU , MINGGU & TANGGAL MERAH

Pricelist :
- 10 Gram ( Sachet full print, sekali konsumsi )

Paket Usaha : Rp 1.600.000 ( 200 sachet )
- 55 Gram ( Kemasan boleh Standing Pouch Full Print / Kemasan botol ) Rp 30.000 
- 100 gram ( Kemasan boleh Standing Pouch Full Print / Kemasan botol ) Rp 40.000
- 200 gram ( Kemasan boleh Standing Pouch Full Print / Kemasan botol ) Rp 70.000


Collagen Custom ( minimal 25 kg )

• Kualitas super premium tidak perlu diragukan bisa cek sorotan testimonial banyak testi collagen 
• Sudah mengandung Collagen Tripeptide/ Peptide / Marine , L- Glutathione, Vitamin A , Vitamin B , Vitamin C , Vitamin E
• Harga diatas sudah include dengan Standing Pouch Full Print + Jasa Free Design Kemasan dari kami ( Design dan logo refrensi dari pihak customer )
• Untuk Ijin , produk didaftarkan dengan IJIN PIRT : Rp 350.000 / Varian ( 2 Hari Kerja )
syarat hanya KTP dan NPWP
• Proses pengerjaan 14 hari kerja dihitung sejak ijin keluar dan design ACC tidak terhitung SABTU , MINGGU & TANGGAL MERAH

_______________________________
Harga Per Kilo Rp 250.000

• 10 Gram ( MOQ 2.500 Sachet ) kemasan sachet FULL PRINT ( sekali konsumsi ) Rp 3.900
• 55 gram ( MOQ 450 Pcs ) ( Kemasan boleh Standing Pouch Full Print / Botol ) Rp 20.000
100 gram  ( MOQ 250 pcs ) ( Kemasan boleh Standing Pouch Full Print / Botol ) Rp. 30.000


Maklon teh Slimming Tea

Standing pouch
- 250 pouch : isi untuk 20 hari : 20 teabag - Rp 22.000 per pouch
- 500 pouch : isi untuk 10 hari : 10 teabag= Rp 13.500 per pouch

• Untuk Ijin , produk didaftarkan dengan IJIN PIRT : Rp 350.000 / Varian ( 2 hari kerja )
syarat hanya KTP dan NPWP
• Proses pengerjaan 14 hari kerja dihitung sejak ijin pirt keluar dan design acc , tidak terhitung SABTU, MINGGU & TANGGAL MERAH

PAKET SLIMMING TEA 50 POUCH

10 teabag / pouch : Rp 16.000
20 teabag / pouch : Rp 25.000
30 teabag / pouch : Rp 35.000


Harga diatas sudah include dengan Standing Pouch Full Print + Jasa Free Design Kemasan dari kami ( Design dan logo refrensi dari pihak customer )
• Untuk Ijin , produk didaftarkan dengan IJIN PIRT : Rp 350.000 / Varian ( 2 hari kerja )
syarat hanya KTP dan NPWP
• Proses pengerjaan 14 hari kerja dihitung sejak ijin pirt keluar dan design acc , tidak terhitung SABTU, MINGGU & TANGGAL MERAH

Slimming Tea 🍵 🍃

Rasa Teh yang tersedia
• Melati
• Green tea
• Sunkist
• Rosella
• Delima

a) Manfaat :
1. Menurunkan berat badan
2. Melancarkan pencernaan
3. Membantu mendetox badan
( dalam seminggu turun 2-3 kg )

Komposisi utama :
Senna alexandrina, Green tea, Stevia leaf, bahan extract

• kalau sistem kerjanya memang lebih ke BAB, tapi tidak membuat sakit perut kelilit bolak balik kamar mandi, mungkin 1-2 hari awal normal tapi seterusnya aman, tidak membuat BAB berlebihan keringat dingin. Karna kandungan yang dipakai menggunakan presentase yang aman dan tidak membuat ketergantungan. Jadi saat 14 hari sudah mau stop konsumsi, berat badan tidak akan naik drastis.

Pembicaraan saya pribadi dengan  perusahaan maklon.*


Hampir beberapa pabrik maklon saya tanya untuk perbandingan harga yang bisa sesuai dengan kantong saya nantinya. Ahhh mengharapkan keajaiban terjadi. 

Menjadi Reseller

Untuk menjadi reseller beda lagi. Ada beberpa skincare yang sudah pnya nama yang menjadi perhatian saya. Seperti VIVA memberikan harga yang menurut saya lumayan terjangkau. DiBandrol dengan harga di bawah rp. 200 ribuan sudah mendapatkan beberpa item. Menjadi reseller Nivea bisa dengan modal usaha Rp. 500 ribu.

Itu beberapa peluang yang baru saya dapatkan ketika berselancar di Media Sosial. Di bawah ini ada contoh syarat untuk menjadi reseller dari sebuah brand produk.

Contoh Syarat dan Ketentuan Menjadi Reseller (BRAND ANU):

1. Isi datanya
Nama:
No Hp:
Alamat:
Kode Pos:
Lampirakan Photo KTP 
2. Materi Promosi akan diberikan di Group postingan dengan harga reseller 
3. Harga penjualan diatur oleh kita, agar penjualan berhasil sebaiknya harga jangan terlalu mahal diawal kita cari customer sebanyak2nya jaga hubungan kepercayaan.
4. Dalam 1 bln tidak ada pembelian mohon maaf, akan mengeluarkan Group reseller
5. Sistem Deposit rekanan menjadi reseller 50.000 diawal jika serius mau menjadi reseller
 uang akan dikembalikan jika sudah tidak menjadi reseller
6.Setiap Postingan jika ada yang mau langsung info di group karena barang yang dijual cepat sold out
7. Barang yang sudah dipesan langsung dilakukan pembayaran. Bisa kirim langsung atau titip dulu agar ongkir tidak terlalu mahal. Menggunakan Jasa Kurir pillihan dari Perusahaan (ongkir ditanggung reseller)
8. Sistem pembayaran langsung Admin.


'nd

Kesimpulan yang didapat ... besar kecil sebuah keinginan tergantung dari modal berapa yang kita punya. Jadi ... hanya keajaiban saja yang bisa kita harapakan dari yang di Atas.
Meskipun demikan tetap saja jangan patah semangat untuk mencoba usaha yang diinginkan. 
Kalaupun peluang itu ada dan dapat didapat semua hanya izin yang di Atas, benar enggak? 

Semoga dapat manfaatnya yaaa. Maafkan, saya tidak di endorse untuk menuliskan ini. Semua gratis. Harapannya ada sobat yang mau berbisnis seperti saya mendapat pencerahan. Boleh kok bertanya langsung ke saya. Barangkali juga mau kasih modal hehehe. 


Love, Audy


Note :
*DJKI
Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kekayaan intektual sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

*HKI
Hak kekayaan intelektual (HKI) didefinisikan sebagai hak untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang HKI, seperti UU Hak Cipta, Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang, Varitas Tanaman, Sirkuit terpadu dan Merek.

*Baliho 
adalah suatu sarana atau media berpromosi yang mempunyai unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru.

*Bisnis di bidang kecantikan biasa juga disebut Beautypreneur.



Ref:
Hellosehat
Gramedia Blog
OCBC
Dgip
Pembicaraan pribadi dengan beberapa perusahaan maklon



Share:

0 Comments:

Posting Komentar

AJPena Online Class

Cerita Lain di Blog

Buletin My World

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Ebook Audy Jo







Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

Advertisement