ONLINE CLASS


 

Dengar dan Sabar

 



Belum Pernah Jadi Orang tua

Sebagai orang tua yang belum pernah punya anak, tentu banyak hal yang perlu dipelajari. Beruntung zaman mulai punya anak sudah banyak informasi yang tersebar dimana saja. Bisa lewat online atau dari media lain, seperti tabloid.

Adanya komunikasi di antara suami istri diperlukan untuk sama-sama mendidik anak. Enggak bisa sih sendirian saja mengurus anak-anak, kan yang "buat" berdua, lol.

Belajar parenting secara online, dan otodidak diajarkan sebagai orang tua itu  :

1. Jangan membentak atau memarahi.
2. Ekstra Sabar dan Tenang.
3. Belajar Menyukai dan Memahami.
4. Berpikir Dari Sudut Pandang Remaja.
5. Banyak Komunikasi.
6. Jangan Sering Menuduh Atau Berpikir Negatif.
7. Bersikap Humoris.
8. Tetap Tegas.

Kadangkala, ucapan lebih cepat dari cara berpikir positif. Sudah tahu kriteria orang tua yang baik, tetap saja ucapan negatif lebih cepat keluar. 

Salah Mendidik Anak Menjadi Manja

Siapa yang mau disalahkan, kalau anak menjadi manja? Biasanya saling menuding antara ayah dan ibu. Kalau sudah begini, terima saja, bersabar sambil tetap diarahkan menjadi anak yang mandiri. Asal harus ada kesepakatan antara kedua orang tua. Saya termasuk keras dalam mendidik anak-anak, kebalikan dengan suami saya yang lebih sabar dalam menghadapi mereka. Beliau berprinsip, selagi masih bisa memberikan yang terbaik kenapa tidak dilakukan. Nah, di sini yang kadang menimbulkan ketidaknyamanan untuk anak-anak mengambil keputusan.

Semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab, dan akan dilakukan anak-anak, berujung semua dikerjakan oleh orang tua. Karena mereka tahu ayah dan ibu pasti menolong dan mendukung mereka.
Kalau sudah begini, kembali ke prinsip awal, "ya, sudah memang kami bisa melakukannya."


Belajar Mendengarkan

Kedekatan dengan orang tua biasanya, ditunjukkan dengan komunikasi yang lebih intens. Susah mengerem untuk berdiam diri sejenak. Apalagi kalau ada topik yang mereka sukai. Rasanya setiap hari akan membahas topik itu. Sudah dua hari ini topik yang dibicarakan tentang galaxy, black hole dan tata surya. sedikit geli, karena biara orang tuanya mengerti, dikirmkan juga you tubenya.

Mendengarkan saja terus apa yang anak-anak bicarakan. Sebagai orang tua juga berlatih untuk mendengarkan. Kadang di sela kesibukan bisnis onlinenya harus bisa menyeimbangkan dengan keinginan mereka untuk diperhatikan.

'nd

Akhirnya, sebagai orang tua dengan anak remaja yang penuh gejolak, mendapat rumus baru. Anak-anak harus didengarkan. Coba deh! Sewaktu sedang berbicara, tatapan mata harus tertuju kepada mereka. Obrolan akan terus berjam-jam tidak bisa berhenti, karena mereka merasa diperhatikan, apalagi topik yang dibicarakan sama dengan selera mereka.

Sooo belajar mendengarkan.



Love, Audy

Posting Komentar

0 Komentar