Menu

 

Sejarah WARTEG Sejak Dahulu Kala

 


Ceritadiri.com ~ Warung Tegal Bahari  adalah salah satu jenis usaha Gastronomi yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Gastronomi atau tata boga adalah seni atau  ilmu tentang makanan yang baik. Diartikan mengenai kenikmatan dari makanan dan minuman.



Warung Tegal di Indonesia telah muncul sejak tahun 1950 yang indentik dengan tempat makan kaum menengah ke bawah.

Warung Tegal  sebagai Paguyuban orang tegal dibuat untuk saling membantu sesama orang tegal, sehingga mereka bisa berdiri sendiri dan sukses menjalankan bisnisnya.

Warung Tegal pada awalnya banyak dikelola oleh orang asal  Tegal dari dua desa di kabupaten Tegal  yaitu warga desa Sidapurna, dan desa Sidakaton Kecamatan Dukuhturi  Kabupaten  Tegal  dan  Krandon. 

Mereka mengelola warung tegal secara bergiliran (antar keluarga dalam satu ikatan famili) setiap 3 s/d 4 bulan. 

Sesosok yang berjasa adalah mbah Bergas sebagai pelopor Warung Tegal di Indonesia. Ia adalah orang pertama yang mengajak warga Tegal merantau ke Jakarta. Terutama dari kedua Desa Sidakaton dan Sidapurna. Untuk jasanya warga memberikan penghormatan kepada sesepuh Warung Tegal itu dengan menamai tempat pemakaman dengan nama 'Mbah Bergas'.


Menu yang terkenal di Warung Tegal adalah Nasi Ponggol yaitu hidangan nasi putih lauk  sambal tempe dan tahu yang dibungkus daun pisang. Ini merupakan kuliner dari Tegal yang sudah ada berabad-abad lalu. Harga yang murah tetapi lezat dan mengenyangkan.

Bicara soal kulineran sepertinya enggak bisa berhenti ya. Apalagi hal ini menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Perut tidak pernah berdusta kalau lapar. Bertemu dengan makanan lezat tergantung tempat dan kondisi kantong juga.

Weekend ini pada kulineran kemana nih? Tetap jaga protokol kesehatan ya. Semoga kita selelalu dalam lindungan-Nya.

Have nice weekend.



Love, Audy

Klik 👉👉 All about Me

Another Blog :

KeCap Akoe

Audy Jo Books Shop 


Ref:

Wikipedia

Phinemo

Acara TV


Gambar dari :

* Pintarest

Lespicekitchen



*Wikipedia 




Share:

0 Comments:

Posting Komentar

AJPena Online Class

Cerita Lain di Blog

Buletin My World

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Ebook Audy Jo







Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

Advertisement