Advertisement

Main Ad

Apa Hercules yang menemukannya?

 



Olimpiade adalah ajang olah raga Internasional empat tahunan yang mempertandingkan  cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin. Diadakan setiap empat tahun sekali.

Pertandingan Olimpiade kuno adalah festival keagamaan dan atletik yang diadakan setiap empat tahun di tempat suci Zeus di Olympia.



Asal usul Olimpiade diselimuti misteri dan legenda; salah satu mitos paling populer mengidentifikasi Heracles dan ayahnya Zeus sebagai nenek moyang dari Olimpiade. 

Menurut legenda, Heracles lah yang pertama kali menyebut pertandingan "Olimpiade" dan menetapkan kebiasaan penyelenggaraannya setiap empat tahun.

 Mitos berlanjut bahwa setelah Heracles menyelesaikan dua belas kerjanya, dia membangun Stadion Olimpiade sebagai suatu kehormatan bagi Zeus. 

Setelah selesai, ia berjalan dalam garis lurus untuk 200 langkah dan menyebut jarak ini sebagai "stadion" (bahasa Yunani: στάδιον, Latin: stadion, "panggung"), yang kemudian menjadi jarak yang jauh. 

Herakles adalah anak Zeus hasil perselingkuhan dengan Alkmene. Zeus menyamar menjadi Amfitryon, suami Alkmene, untuk bisa menidurinya.  



Olimpiade kuno hanya boleh ditonton dan diikuti oleh para pria. Sebab para atlet harus bertanding dengan tubuh telanjang, kecuali untuk kesempatan khusus, seperti lomba kereta kuda. 

Mereka berbusana beraneka ragam untuk menunjukkan status sosial si pemilik kereta dan kuda.

Bagi orang Yunani telanjang merupakan cara paling sesuai untuk berolahraga. Mereka bangga kalau memiliki tubuh yang atletis. 

Pemenang pertandingan mendapatkan mahkota dedaunan, seperti daun zaitun liar sebagai pengganti medali.

Olimpiade tidak diadakan lagi sampai akhir abad ke-19. Setelah penghacuran kuil Yunani oleh Kaisar Romawi Theodosius II, tahun 426M.




Perspektif

Love, Audy

Ref:

Wikipedia


Klik 👉👉 All about Me



Another Blog :

KeCap Akoe

Audy Jo Books Shop


Post a Comment

0 Comments