Perawatan Kulit Untuk Semua

 



Kenapa setiap mahkluk hidup ada kulit? Ada yang enggak pakai kulit? Bagaimana kulit bisa nyambung sama pembersih kulit? Pertanyaan aneh, yang enggak usah dibahas, lol.

Bumi dengan manusia yang banyak ternyata tidaklah sama satu dengan yang lain. Mulai dari suku, ras serta warna kulit.

Penyebab Warna Kulit Manusia Berbeda

1. Karena Pigmen

Orang yang tinggal di daerah panas dan dingin sudah pasti warna kulitnya berbeda. Jumlah pigment akan bertambah jika kena sinar ultraviolet matahari sehingga mempengaruhi warna kulit. Jika terlalu sedikit maka warna kulit akan terang, Jika banyak, maka warna kulit akan gelap. 

2. Genetik

Kalau orang tua memiliki warna kulit yang berbeda, maka akan memiliki warna kulit yang paling dominan, Kalau kedua orang tua sama warna kulitnya, dan Anda berbeda dengan orang tua, bisa jadi mendapatkan DNA warna kulit dari kakek atau nenek.

3. Lingkungan Geografi

Orang yang tinggal di wilayah tropis biasanya memiliki kult gelap karena produksi melanin yang meningkat karena paparan sinar ultraviolet yang banyak. Sedangkan  subtropis warna kulit terang karena sedikit terpapar sinar ultraviolet.


***

Dengan perbedaan warna kulit yang ada, setiap individu juga berbeda cara perawatan untuk kulitnya. 

Tinggal di negara tropis dengan udara yang kering tentu berbeda dengan negara yang dingin. Apalagi dengan udara yang kering dan sinar matahari yang lebih lama kadang menimbulkan dampak negatif pada kulit wajah.

Kulit kering kadang bikin rentan jerawat dan timbul garis halus penuan dini. 

Barangkali beberapa tips di bawah bisa diikuti untuk Anda yang tinggal di negara tropis.

Cara Mengatasi Kulit Kering

1. Menjaga suhu tubuh.

Kebiasaan beraktifitas di luar rumah kadang membuat suhu tubuh meningkat. 

Kebiasaan saya kalau sudah sampai rumah, tidak pernah langsung mandi. Menunggu beberapa menit untuk mendinginkan suhu badan. Setelah normal baru melakukan rutinitas di kamar mandi, alias mandi, lol.

2. Merawat kesehatan dari dalam tubuh

• Sudah pasti, konsumsi minimal 8 gelas sehari air putih. 

Sudah standar kalimat ini digaungkan ahli kesehatan. Tetapi dalam prakteknya suka malas. 

Apalagi saya tinggal di daerah tropis perbukitan dengan udara yang termasuk dingin. Jarang minum air putih, malah kebanyakan makan. Barangkali karena udara dingin sering memerlukan asupan nutrisi untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam tubuh.

• Selain air putih, sudah pasti asupan nutrisi harus mengandung, berbagai vitamin, serat juga protein yang bisa menjaga kesehatan tubuh juga kulit.

• Istirahat yang cukup, tidur malam harus 8 jam, supaya keesokan harinya bangun dengan segar. Kurang tidur bisa membuat hormon kortisol (hormon stress) hormon ini memecah kolagen yang menjamin kulit tetap kencang dan elastis.

• Hindari merokok, salah satu penyebab kulit cepat kusam.

3. Olahraga

Berolahraga memperoduksi keringat yang keluar dari pori-pori. Keringat ini mendorong kotoran yang berada dalam pori-pori.

4. Selain dari dalam tubuh,  perlindungan juga didapat dari luar, seperti produk perawatan kulit.

Dengan banyaknya produk yang ada di pasaran. Kita bisa memilih produk mana yang paling cocok dengan kondisi kulit kita. Terutama untuk perlindungan kulit seperti pembersih wajah, krim tabir surya, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


Tips Momsbeautybisnis

Pembersih wajah is a must. Sudah pernah coba, enggak pakai pembersih wajah. Yang terjadi, wajah menjadi kusam, pori-pori tambah terlihat  terbuka, minyak wajah seperti tidak terkontrol. Wajah menjadi kelihatan lebih tua dan lelah. Apalagi kalau istirahat tidak benar.

Bisnis menjual kosmetik biasanya salah satu sampingan buat para ibu-ibu untuk mencari uang lebih selain yang diberikan suami.

Sebagai penjual kosmetik dari Swedia, tentu harus mengenal produknya. Kebetulan produk ini cocok untuk saya. Langkah yang saya lakukan biasanya ;

Step Pertama,   

1. Bangun tidur pembersih wajah cleanser jangan lupa, mengangkat minyak yang biasanya lebih banyak produksinya.  

2. Perawatan wajah dengan sabun wajah

3.  Penutup pori-pori seri perawatan wajah yang sama, memakai toner yang sesuai dengan jenis kulit. 


Step kedua 

Mulai memakai perawatan wajah seperti krem pagi yang berisi Sun Protection Factor (SPF), untuk melindungi dari sinar ultraviolet B (UVB). 

Tingkatan SPF :

SPF 15 Melindungi kulit dari 93% paparan sinar UVB

SPF 30 Melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB

SPF 50 Melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB

SPF 100 Melindungi kulit dari 100% paparan sinar UVB


Para ahli kulit menganjurkan penggunaan tabir surya SPF 30% untuk menghalangi paparan sinar ultraviolet B.

Selain penggunaan SPF, apalagi kalau ke luar rumah banyak tambalan yang dipakai untuk melindungi kulit seperti:

-  Make up Base

- Foundation untuk menutup kulit yang sudah keriput, lol. biar enggak kelihatan umur sesungguhnya

- Terahir yang paling akhir, sudah pasti bedak tabur.

Begitulah kalau sayang sama kulit, selain perawatan wajah untuk keluar ada juga perawatan setelah memakai riasan tebal. Mengulang lagi step dasar, pembersih wajah, ini keharusan.


Step ketiga

Biasanya tetap mulai dengan pembersih wajah step dasar. Dilanjutkan untuk perawatan wajah malam hari dengan memakai krem malam setiap hari, memakai Intense skin recharge overnight mask, atau masker berbentuk krem untuk mengembalikan kekenyalan kulit karena dehidrasi. Biasanya dipakai seminggu 2 kali.


Step Keempat, 

- Untuk kulit biar masih tetap kelihatan kencang dengan masker pengencang yaaa.

- Kalau sedang kurang bersih, kadang datang jerawatnya. 

Cara merawatnya:

Pakai produk perawatan yang cocok yaaa.  

Biasanya saya pakai produk perawatan wajah lokal karena sudah cocok. Sejak remaja sampai sekarang di usia senja masih cocok. Jadi enggak bisa ke lain hati. Dengan campuran jeruk nipis produk ini ampuh buat yang jerawatan. 

Untuk kedua anak saya yang  remaja dianjurkan pakai ini dan terbukti sangat manjur. Asal, kembali lagi pembersih wajah step dasar harus selalu dilakukan. 

Beruntung punya adik ipar yang kerja di perusahaan kosmetik besar negara ini, jadi sering dapat sampel gratis produknya, lol. Yah, privilage-lah  hehehe.

'nd

Apakah perawatan wajah harus dengan kosmetik yang mahal?

Idealnya sih, jangan berganti-ganti kosmetik. Tetapi enggak mungkin juga tetap dengan satu kosmetik, apalagi kosmetik yang dibeli terlalu mahal. Kalau lagi banyak uang enggak masalah. Kalau pas lagi enggak ada uang bagaimana? Tentu kosmetik untuk perawatan kulit secara umum dan perawatan wajah secara khusus, tetap harus dipilih yang cocok. Benar enggak?


Semoga bermanfaat.


Love, Audy

Reff:

Olay
Sehatq
Idntimes
Oriflame
Kompasiana 


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri
Kehidupan pribadi yang penuh cerita, baik suka maupun duka. Rasa marah atau senang yang perlu ditulis. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Berbenah diri selalu.

Cerita Lain di Blog

Isi Email - Untuk Cerita Terbaru via Email

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Audy Jo

Audy Jo
Moms like to write, all about life, family and others related to life. Mentor Online Class for Women.

Ebook Audy Jo


Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

AJPena Jasa

AJPena Jasa
Buat Ebook Dan Blog