Pendingin Udara atau Pengkondisian Udara




Suhu udara yang tidak menentu, membuat orang lebih banyak berlama-lama di ruangan yang adem. Apalagi dengan suhu lebih dingin membuat orang betah tidak bergerak menikmatinya.

AC dianggap sebagai pendingin udara ternyata salah kaprah. Dari namanya yang disebut Air Conditioner kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya pengondisi udara. Jadi bukan pendingin udara.

"Tolong tutup pintu, ruangan ini ber AC!" Inilah salah kaprah yang selanjutnya. AC dipasang di ruangan dengan kondisi ventilasi udara yang buruk. Biar ruangan cepat dingin dan seterusnya. Itu ruangan apa kulkas?


Pengondisi Udara

AC adalah alat pengkondisi udara, bukan alat pendingin ruangan. Jika AC ditempatkan di ruangan tertutup, maka udara yang bersirkulasi hanyalah udara yang ada di dalam ruangan itu saja. Dalam kata lain, memutar-mutar udara yang ada di dalam ruang tersebut. Apa yang terjadi? Bakteri dengan mudah berkembang biak di dalam ruangan tersebut, dikarenakan tidak adanya sirkulasi udara yang baik.

Kata gampangnya, AC itu menyerap udara yang ada di dalam ruangan, menkondisikan udara tersebut sesuai perintah dan kemauan manusianya, kemudian menghembuskan udara yang telah dikondisikan tersebut ke dalam ruangan tersebut. Udara panasnya ke mana? Dibuang keluar. Berartikan mengisap udara luar ruangan ke dalam ruangan bukan? Tidak .... Kompasiana

Pada dasarnya semua manusia butuhkan udara "nyaman". Dalam prakteknya manusia membutuhkan udara nyaman 31 Derajat celcius dan kelembaban udara 60% Tetapi itu hanyalah sebuah teori, faktanya kenyamanan seseorang itu relatif.

Jadi pasanglah AC di ruangan dengan ventilasi yang cukup. Terus kalau enggak ada gimana? Dengan setiap selang waktu 3 jam buka pintu untuk beberapa menit supaya sirkulasi udara berganti. Sehingga pernapasan tetap sehat.







Love, Audy

Klik 👉👉 All about Me

Sources :

Samsung

Dikutip dari Kompasiana

A.C. = Air Conditioner
Dengan mode pemanasan, AC dapat menghangatkan Anda.
Catatan:
AC mendapatkan energi panas dari udara di luar dan me- manaskan ruangan. Samsung













Share:

0 Comments:

Posting Komentar

AJPena Online Class

Cerita Lain di Blog

Buletin My World

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Ebook Audy Jo







Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

Advertisement