Advertisement

Main Ad

Apa Ada Tata Kramanya?


 


Pernah enggak lihat seseorang yang tidak cantik atau cakap, tapi dikagumi banyak orang. 

Banyak orang yang ingin dihargai. 

Bagaimana caranya bisa seperti mereka.

Kadang diri kita seperti merasa minder dalam menghadapi orang lain yang lebih cantik atau cakap. Padahal kita merasa diri kita sudah maksimal menampilkan yang terbaik dan bersikap sopan terhadap orang lain.

Di dalam pergaulan ada tata krama yang sudah menjadi aturan tidak tertulis. Setiap tingkah laku kita dan tata bahasa pun harus dijaga. Bahasa yang kita pakai sesuai dengan orang kita ajak bicara.




Sudah menjadi standar kalau berbicara dengan orang yang lebih tua atau dituakan, dan yang mempunyai level lebih dihormati misalnya sebagai pimpinan di kantor bahasa yang kita pakai harus lebih sopan. Jadi harus tahu menempatkan diri sebagai orang yang mengajak berbicara.

Ada empat hal penting yang harus dipahami dalam tata cara pembicaraan :

1. Kata "tolong" harus sering diucapkan. Kadang kalau sedang berbicara dan memerintah orang untuk melakukan sesuatu, nada bicara kita lebih tinggi. Setiap orang ingin selalu dihargai dan dihormati.

2. Terima Kasih. Biasanya kalau kita sudah menerima suatu benda pasti ucapan terima kasih terdengar. Sedangkan ucapan terima kasih bisa berupa hal lain juga misalnya : Perhatian kala kita sakit, atau seseorang yang menolong kita sewaktu kita kesulitan, misalnya: meminta petujuk kemana kita harus melangkah kala kita tersesat.

3. Maaf. Iih kata ini yang paling susah diucapkan. Apalagi sebagai suami istri, pang kuatna. Siapa yang paling kuat berdiam diri itu merasa benar. Yang kalah biasanya orang yang meminta maaf duluan. 

4. Senyuman.  Dari ketiga kata diatas, kalau tidak ada senyuman semua percuma. Misalnya mengucapkan kalimat terima kasih tentu dengan tersenyum kalau cemberut ah enggak tulus dong hehehe.



Bagaimana? Point mana yang sudah kamu lakukan? Atau belum semua?




Love, Audy

Klik 👉👉 All about Me



Another Blog :

KeCap Akoe

Audy Jo Books Shop


Post a Comment

0 Comments