Belajar Kosongkan Gelas


Menerapkan cara baru dalam menulis itu tidak mudah. Pakai kata nggak atau tidak  tergantung mood saja. 
Menurut PUEBI boleh saja asal di miringkan. 

Belajar menulis sepertinya gampang, pas sudah praktek nya... wow... tidak terbayangkan!

Belajar Ejaan. Tanda kutip. Tanda tanya dan banyak lagi. Sambil belajar mengenal satu-satu aku coba praktekkan disini.
Semoga benar. 

Kecuali kamu yang baca bisa kasih komen kesalahanku dimana. Terimakasih.๐Ÿ™

Teringat suatu ungkapan yang aku dapat dulu... dari  Leader di salah satu bisnis kecantikkan. Coba ' kosongkan gelas', untuk mendapat ilmu yang baru. 

Pertama-tama, aku merasa bingung! Maksudnya apa ya? 

Dalam artian apa hubungannya gelas dengan pikiran ku. Ha... ha... ha...  Diumpamakan pikiranku itu sebuah gelas. Yang berisi dengan berbagai macam  pikiran, atau ilmu yang sudah didapatkan. Tinggalkan semuanya. Isi dengan pelajaran yang baru. Terima saja, jangan banyak perlawanan. 

Jangan diperbandingkan dengan ilmu yang sudah ada. Bentrokkan terus!

Akhirnya ... 'gelas' yang ada bisa terisi dengan ilmu yang baru. Berandai-andai, di otak kita banyak ruangan kosong. Setiap kamar berisi ilmu yang kita dapatkan. Kalau sudah penuh, buka lagi ruangan yang baru. Dan seterusnya. Yang penting jangan melawan untuk menerima hal yang baru. 

Dijaman globalisasi seperti sekarang, yang merasa "angkatan tua", dituntut untuk lebih meng-upgrade diri. Walaupun rasanya sudah malas untuk belajar ilmu baru, karena rasanya pikiran sudah terlalu penuh. Maunya berjalan sesuai kriteria yang dia tahu. Cukuplah tidak usah macam-macam. 

Tidak mau berlomba dengan perubahan jaman? Ditertawakan mau? Kalau tidak mau, jangan marah kalau dibilang 'bodoh'.

Ada penelitian yang  membagi-bagi kriteria untuk umur  yang sudah tidak mau belajar, dan yang masih mau belajar. Beruntung nya aku termasuk "angkatan tua", yang masih mau belajar. "Haus" rasanya. Semua ilmu yang ada ingin dipelajari semua. Kecuali ilmu matematika yaa! Ha..ha..ha... Ilmu ini memang sudah tidak bersahabat dari dulu. 'Ntah karena sudah antipati atau memang nggak mau kenal saja.
Tapi yah sudahlah. Sudah lewat. Sudah tidak dipakai lagi. Kecuali penambahan, pengurangan, pembagian. Sudah menjadi standar dipakai di kehidupan sehari-hari.

Dengan sisa umur yang masih Tuhan ijinkan, sampai hari ini. Cepat-cepat belajar sesuatu yang baru. Atau apa memang jalan hidupku di umur begini baru Tuhan tunjukkan jalannya, "Talenta mu disini, nak!"

Puji Tuhan aku masih di beri kesempatan untuk berkarya. Meninggal kan sesuatu yang bisa dikenang untuk keturunanku. 


Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me


audyjo.blogspot.com
Bsd, 21 May 2020










Share:

Anak Lanang Itu










"What!"

Di dalam kepala mama berbicara, apa ini!
"Mama, coba deh lihat whatsapp grup!"
"Mau coba aplikasinya?" instal dulu, Ma."

Mama senyum senyum sendiri lihat anak lanang, tumben kok main aplikasi begini. Biasanya hanya main tembak-tembakan aja.

Kalau dipikir-pikir sepertinya mulai dari minggu lalu.  Minta minta foto diri. Foto waktu umur masih kecil-kecil. Pilihannya juga foto yang imut-imut. 

Ga tahu ada angin apa ya? Biasanya susah banget suruh buat status. Update gitu! Biar ga monoton.

Apa karena ada cewek-cewek yg penasaran. Jadi biar ga penasaran, pasang foto lucu-lucu.

Mau nanya sungkan ahh! Ntar takutnya ga mau cerita lagi.

Sekarang ngobrol suka ama adik ceweknya. "Ma ... tahu ga kaka lagi ngobrol ama cewek di whatsapp! 'Kata cewek itu dia ga bisa tidur. Trus kaka tanya kenapa? Dijawab sama cewek itu, katanya dia inget kaka'."

Hihihi lucu deh dengerin celoteh ade."Apa, De?" Ade cerita yaa!" 

Hihihi kaka ngambek.
Ketahuan pembicaraannya di Whatsapp ama seorang cewek.

Hampir setiap pulang sekolah, ada saja cerita pengalaman waktu di sekolah atau di kelas.

Sekolahan tempat anak lanangku, minimalis jadi kesana ketemu, kesini  ketemu. Sekolahnya dicampur mulai dari SD sampai dengan SMA.

Ahh masa SMA....


Bsd 17 maret 2020



Share:

Gara-Gara Tabung Gas



Sudah seminggu lewat, tinggal di rumah walaupun Ada keluar sebentar, itupun karena terpaksa. 

Mama mau coba aplikasi Indomaret buat beli tabung gas. Karena toko yg biasa lagi tutup.

"Wah berapa lama, Bu?"
"Engak cuma lagi belum datang saja barangnya, Bu."
Ah Puji Tuhan.

Masalahnya masak memasak enggak bisa nunggu kiriman Gas datang ke toko beliau.

Coba deh aplikasi baru.
Padahal bos dirumah udah bilang,
"Kita ke toko aja yuk!"
 Gini nih kalau ga nurut .

Alhasil pesen dari jam 10.00 sampai jam di aplikasi maksimal pengiriman 11.25, belum sampe-sampe. Karena tahu ada jam maksimal pengiriman jadi masih bisalah nanti masaknya ngebut simple aja.

Tunggu punya tunggu udah lewat waktu maksimal pengiriman. Tabung gas ga dikirim kirim.
Panik? Ah wajah sih datar aja, tapi hati deg-deg kan.
malu dong sama bos besar.
Apalagi sudah di bayar via transfer atm.
Disuruh batalin aplikasi ga ada buat batalin.

Akhirnya ... hayoo ... datang ke Toko Indomaret. 
"Ibu pesan toko yang mana?"
"Ga tahu. Di aplikasi cuma ada nomer toko aja. Tapi pas pasang aplikasi keluar daerah Nusaloka."
Apa boleh buat. Di datangi satu satu toko di nusaloka.
"Bukan disini, Bu! Kalau dilihat dari alamat Ibu, ini toko di Kencanaloka."

Akhirnya ketemu juga di Kencanaloka. Jadi ini toko yg ke 4 terahir. Karena di Kencanaloka ada juga. Dan kebetulan bukan yg di maksud.

Ahh ketar ketir karena yg tadinya mau diam di rumah ini dalam beberapa jam ngubek ngubek  4 toko buat cari Gas yg dipesan pakai aplikasi tersebut.

Trus ... toko terakhir sambil mengelus dada menahan kemarahan. Yg ditanya ga ada rasa bagaimana gitu. Sambil terus urusin barang yg lain.
"Wah ibu barang yg satu ga ada", duh gimana sih mustinya aplikasi ada jawaban gitu, di aplikasi sudah beberapa jam tulisannya cuma bilang order pesanan sudah sampai di toko. 

"Yah sudah saya ambil gas nya sendiri!"
"Oh ga diantar, Bu!"
"Mau diantar jam berapa saya nunggu sudah lapar, belum masak."
Karena satu barang ga ada, jadi uang dikembalikan.  Sedangkan ongkir ga dikembalikan.  Yahh sudahlah yang penting dan utama tabung gas bisa kita bawa.

Pelajaran hari ini, harus bersabar tahan amarah.

Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me








audyjo.blogspot.com
Bsd 23 Maret 2020

Share:

Kencan Dengan Abigail






Available at Google Play Book 





"De temenin mama yaa!"
"Mau kemana ma?"
"Aeon de, ada yang mau diurus".
"Pake baju begini?"
"Ya nggak lah! pulang dululah!".

Ade kaget, baru aja taruh pantat di kursi mobil jemputan, mama udah bombardir ama permintaan aneh.
Kayaknya ga ada dikepala ade, pulang sekolah langsung diminta temenin mama ke aeon.
"Ihh mama suka banget jalan jalan".

"Cepet..cepet de!", "
"duh!" 
Sudah lewat deh jam shuttle bisnya. 
Jam 3 nih. Nanti tunggu lagi jam 16.00. "ah..gagal deh".
Bener kan..sampai halte bis..kosong. lihat di jadwal jam 16.00 baru ada lagi.

"Ke alfamart aja yuk ma?", mau ngapain de"
"Jajan ma".
" nggak de", kan mau ke aeon.
"masa jajan?"


Yess..akhirnya bis datang..
"Kok beda ma?",
"Iya ya..kok beda bisnya"
"Coba mama lihat"

Bis nya sih tujuannya Avani, biasanya memang lewat aeon.
"Pak lewat aeon?"
Iya..jawab pak supir tapi sambil mengangguk. Kayak pake telepati aja si bapak he.he.

"Naik de!",
Hop...naik deh , belakang.depan..belakang depan.
Bingung mau yang mana. "Depan aja biar ga mual".




Hari ini kencan dengan abigail dulu..
Musti traktir apa nih si ade kecil๐Ÿ˜.

"Bu silahkan ganti bis, bis yang langsung ke aeon yang warna orange itu!"
Kirain bis langsung ke aeon.
Ga tahunya cuma lewat aeon ga langsung dalam aeon.
Ya ga apa sih sebetulnya, cuma tadi kok aku ga mudeng yaa, malah turun dari bis yang pertama, naik bis yang ditunjuk pak sopir.
Lakoni aja deh.
Biar tahu arah kemana ini, aku dibawa.


Sekarang sudah jam 16.30.
Berangkat tadi jam 15.45
Hemm..masuk aeon rupanya. Ade halte khusus buat Shuttle bus aeon. Keren juga nih.
Memang sih ga keluar ongkos sampe sini, masalah cuma di waktu aja. Aga lama.




Urusan mama beres.
"Ade mau jajan apa?",
"Ga ah..,terserah mama aja"
Ya sudah terserah mama.
Mama laper jadi cari camilan aja yang gampang. Biar ada tenaga buat pulang.
Tentu naik bis lagi ha...ha.ha.




Hari ini bisa ngobrol sama ade tentang teman-temannya, pelajaran di sekolah.

Dapat info baru, Halte Untuk naik bis jurusan cluster avani. Dan Jadwal bus ke Aeon.

Kenyang ....
"Yuk pulang!"



Love, Audy
audyjo.blogspot.com 
Bsd 4 maret 2020

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me






Share:

KekasihKu





Peluk cinta untuk kekasih hatiku.
Share:

Kematian






Memandang Jauh ... kedepan ... bayangkan ada jalan membentang kearah ujung langit.

Bayangkan karpet warna warni membentang bak sapuan pelangi.
Berjalan dengan penuh keyakinan untuk jalan yang akan dituju.

Persiapkan hati yang bersih, menabung setiap kebaikan, belajar empati untuk menyeimbangkan emosi dengan sesama.
Banyak mencari kebaikan di dunia.

Mahkota itu harus didapat, sehingga layak berjalan dengan penuh keanggunan bak mempelai menyongsong Pangeran kekasih.


audyjo.blogspot.com
15 Feb 2020


Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me



Share:

Semua Ada Maksudnya






Panjang lebar pak Dodi bercerita, bagaimana perkembangan  transportasi di Bsd.

Mulai bergabung 2 tahun yang lalu sampai sekarang tetap setia. Walaupun hanya rekananan dari Sinar Mas Land.

Perusahaan pak Dodi "Lorena" berdisplin untuk mengikuti peraturan yang ada. Setiap Penumpang yang naik di catat jumlahnya berapa. Sesuai tempat mereka naik. Harus tepat waktu, karena  bis  tidak bisa  sembarangan,  karena semua dipantau baik catatan kilometer, jumlah penumpang. Jadi susah juga mau macam-macam apalagi di bis ada CCTVnya.

Hari ini biasa kontrol dr. Penyakit dalam. Janji sih pukul 10.00 pagi, berangkat dari rumah pukul 08.00, Sayangku bisa anter sampe rumah sakit mitra. Wey..., nomer antrian dapat nomer 208, sekarang baru antrian 077..Puji Tuhan belajar bersabar untuk menunggu. 

Ditempat  cek tensi pukul 11.00. Wah. Suster kasih info kalau Dokter terlambat datang ada kecelakaan.  Mobilnya tabrakan. 

Ahh, lapar.
Untung ada kantin. 
Makan siang sesuai keinginan rasa aja. Kelihatannya enggak pedas, Ahh salah, pedas rupanya, pedas merica. 

Akhirnya  selesai juga kerumitan di rumah sakit.

Berpikir mencari jalan pulang dengan ongkos lebih murah. Searching searching google. Infonya ada bis dari Paramount gading serpong menuju perbatasan BSD. Menunggu depan Rumah Sakit Bethsaida.

Tunggu ... tunggu sampai pukul 15.03. Enggak ada  yang lewat, sudah hampir 1 jam menunggu.
Yayank bertanya "sudah sampe rumah belum?" "Hehehe, belum."

"Haayoo cepat pulang naik grab aja!" perintahnya.

Akhirnya, naik grab motor saja. Naik dari Giant sampai perbatasan Bsd.

Salah jalan nich grab motornya, dikira tujuan ke Greenwichpark Park, yang mustinya ke Greenwich halte. Ahhhh.
Untung pengendara grab baik hati, enggak marah.๐Ÿ˜


Akhirnya sampai juga ditujuan terminal atau halte terakhir di Greenwich. 

Bis tepat waktu. 
Berangkat pukul 15.40 menuju sektor 1.2 Griyaloka.
Kosong ....
Seperti yang punya mobil saja nich๐Ÿ˜ lumayan naik "Mercedez".

Biaya hari ini yang biasanya hitungan grab mobil, bisa rp.67rb.
Merogoh kocek naik grab motor ke Bethsaida rp.8.000,-  
Grab motor ke Greenwich  rp.7.000,-
Jadi hanya bermodal rp.15.000,- sekali jalan.sudah sampai di rumah.

Hari ini pelajaran yang didapat:

1. Bersabar,menahan emosi, rasa lapar dan haus,
2. Berhemat, jalan kaki dengan udara panas, 
3. Belajar berterimakasih, mengucap syukur untuk segala hal, 
4. Berbangga karena "aku bisa".



13 Feb 2020
Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me


Another Blog :

KeCap Akoe


Share:

Tak pernah terlambat



Hijau warna yang cantik, menurutku yaa!

Untuk momen saat ini ....
Entah besok-besok, apakah warna kesukaan masih sama.

Sepertinya sama halnya dengan yg ada di pikiran setiap kita. Setiap hari ada saja masalah yang berbeda-beda. Ok hari ini sudah selesai..beres masalahnya. Besok beda lagi masalah yang datang!.

Trus apa yg perlu kita buat : Marah, Nangis, Ketawa? banyak yang bisa kita lakukan dengan ekspresi kita, ada yg bisa menahan,ada yang ga bisa.
Tapi ..Tuhan Itu baik. Ga pernah setiap masalah melebihi kapasitas kita sebagai anak-anak Tuhan. Ada saja pertolongan yang kita dapat  baik nasihat, jalan keluar, orang-orang disekeliling kita yang baik.

Tak pernah terlambat kasih Tuhan kepada kita.









Keinginan mata yang tak dapat dibendung, untuk melihat sesuatu warna yang sangat menarik. Tak dapat dipungkiri semua warna mempengaruhi mood seseorang untuk bertindak langsung.

7 Feb 2020
Share:

Kompromi





"Pagi! siang. Kepagian, Kesiangan!"
Pilihan waktu yang biasanya diributkan.

Setiap pribadi itu unik, ga sama, berbeda boleh aja, tapi cepat ambil keputusan yg netral, jangan berat sebelah.

Si anu dan si ani harus bisa berjalan  bersama, karena keputusan yang sudah dibuat dan sudah diambil.

Rasanya Dunia aman dan nyaman utk di tinggali tidak ada saling gontok gontokan.

Rasa kekhawatiran menghilang... berpikiran negatif tidak pernah terlintas di benak. Memandang rupawan sesosok manusia ciptaan Tuhan. Tidak bercacat cela.
Alangkah indah nya.


Audyjo.blogspot.com 
♡Belajar Berpikiran positif selalu untuk mendapakan hasil yang positif.


7, Feb 2020




Share:

Hut Gereja Gbi Bsd Menara Serpong


Berjalan dengan lancar semua kebutuhan yang diinginkan.

Walaupun dengan kendala yang kecil, tetap ada.. tidak semulus yang dibayangkan.  Dari mulai penggambaran design, pemilihan bahan dekorasi, penataan tempat.
Sebetulnya pemilihan toko dekorasi juga banyak pilihannya.

Di telpon satu-satu susah nyambungnya.. akhirnya yg nyambung pertama yg jadi pilihan. Walaupun tidak profesional  dan banyak kejengkelan..apa boleh buat..daripada cari pilihan lain lagi,  yg belum tentu sama pemikirannya.

Alhasil sambil berjalan ,belajar satu sama lain untuk keinginan yang berbeda. Supaya dapat hasil yang memuaskan dan tidak mengecewakan.
Tetap waktu hari H nya ada saja hal yg tidak sesuai, seperti Pengambilan balon berisi Helium yang dijanjikan jam 07.00 pagi bisa diambil, buka toko saja baru jam 08.00. Kayaknya tahun ini banyak ujian kesabaran.

Tadinya yang mau ambil papa dan anak, tapi sayang anak nih, biar tidurnya kenyang..jadi papa mama yang ambil.
Dalam kenyataan mama itu malas kalau ketemu Balon. Ga suka denger suaranya kalau meletus, suka bikin kaget aja.

Dengan 100 balon berisi Helium ,masuk juga dalam mobil Evalia di dedet dedet biar masuk semua..ahh! Ketakutan terbesar jadi berteman.




Sepanjang perjalanan, walau kadang-kadang kepala bersentuhan dengan balon,  berdoa terus menerus berharap tidak ada kejadian negatif yang terjadi.
Terlambat untuk pemasangan sudah banyak orang ditempat, terjadi perubahan rencana, doa pembuka yang biasanya diruangan mini chapel,mendadak berubah keruangan utama.
Que sera sera.




audyjo.blogspot.com
Latepost
26 Jan2020


Share:

BPJS -Pengalaman Hidup Tahun 2020






Akhirnya ....
Share:

Harus Bisa Lebih Sabar





Sudah pukul 21.00 wib, sudah malam belum selesai juga urusan tetek bengek per asuransian, di Rumah Sakit Omni ... luamaaa pake banget, karena setiap tindakan buka tutup asuransi. 

Kenapa sih ga sekalian aja? 
Perasaan ini rumah sakit pakai label Internasional.  Tapi kok pelayanannya begini ... rasanya capai.

Mulai dari rabu kemaren, hanya mau cek asam lambung, karena dapat surat titipan dari dokter BPJS untuk periksa lambung ke Dr. Nella yang ada di Omni. Dapat infonya sih, Dokter Nella itu bagus utk perlambungan. Bahasa kerennya Gastro begitu.

Dokternya ramah. Sudah di cek USG ... ok hanya lambung, biar pasti di cek aja Endoscopy .

"Mau hari apa Endoscopynya? Sabtu aja ya?"

Cek dulu di asuransi.

"Mbak, harus cepat, karena hasilnya  ditunggu dokter utk ambil keputusan!"

"Iya Bu, tapi antri, nunggu 7 orang lagi." Sahut petugas Laboratorium.

Tetap saja enggak bisa di dahulukan untuk tahu tindakan itu di cover asuransi atau enggak. 

Alhasil menunggu beberapa jam untuk dapat keputusan.

"Bu ... Ibu pulang saja nanti kami akan telepon. Apa dari asuransi di cover atau tidak."

Yah! Apa boleh buat akhirnya kami pulang dulu.

Kamis ditunggu enggak ada SMS. Sepertinya  ada tlpon, tetapi enggak keangkat. Memang salahnya aku, enggak kejar atau telepon kembali ke Omni.

Jumat sore baru ditelepon lagi,  beritanya asuransi mengcover biaya Endoscopy.

Alhasil sabtu datang pukul 07.00 pagi untuk diambil tindakan.

Tapi ....

"Ibu sudah ambil hasil lab atau EKGnya?"
"What!"
"Mustinya ibu ambil hasil LAB itu hari jumat."

"Wah!"
Jadinya Ekg dulu. Alhasil jurusan bisa salah. Anastesi Enggak mau, karena hasil kurang bagus harus belok ke dr.jantung.

Luar biasa... dari pukul 07.00 pagi selesai sampai pukul 22.00 malam.

Ujian kesabaran luar biasa.

Dengan hasil USG jantung dan paru ada air. Jantung bengkak.

Puji Tuhan. Tuhan baik, bisa di cek semua.

Dapat surat musti cek ke LAB Untuk tahu semua raport merah yang ada. 

Senin pas mau ambil Darah ke LAB.
"Wah, Bu. Harus bayar pribadi, asuransi sudah habis."

"Kemaren ditanya asuransi cover katanya."
"Iya, Bu. Tapi sesuai limit."
"Kenapa enggak langsung saja bilang, sudah genggak  di cover. LImit sudah habis."

Lumayan 2 Juta untuk ke LAB. 

"Ahh ... pindah haluan deh. BPJS




Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me




#sesi1
#lanjutsesike2
#bpjs
1feb 2020


Share:

Treadmil



Puji Tuhan.

Bisik..bisik tetangga katanya treadmil ke Awal bros..hadeuh...mana yg bener..
Kalau lihat dari surat keterangan.
Tujuan ke r.treadmil. Kalau lihat huruf *r* sih perasaan artinya ruangan.

Berarti ruangan itu disini..di mitra.. Ahh!

Udah pikiran jd kemana mana, repott banget kalau pindah pindah.

Berharap ga pindah deh.

Akhirnya...alhasil ada ruangan khusus treadmil yang alatnya masih baru..haleluya! Ga usah pindah rumah sakit.

 Bisik bisik tetangga..rumah sakit yg mau dituju itu antriannya bludak..hi.hi..bahasa apa yaa? Antriannya puanjangg!.

 Udah umur segini..kebiasaan jalan kaki alon..alon.. pake alat kayak gini disuruh lari..oh my...๐Ÿ˜ซ

Atur nafas..atur nafas...tetap aja..wushh!

 Akhirnya selesai juga..masalah baru nya habis lari...mustinya ada waktu utk cooling down bener gak?!.

Itu suster...oh my....baru tarik nafas, dia berhentiin treadmil...haduhhh!!.nafas masih dileher kayaknya... Kaki jadi jalan di tempat deh.. !

Ampun suster...bikin keleyengan.

5 feb 2020





Share:

Bocah Lanang




Punya anak lanang ada juga ceritanya, mulai dari yg bingung mau didatangi.

Gimana cara mengahadapi persoalan beda jenis, tanya terus sama mamanya.

:Berteman aja yang banyak yaa ... eggak usah pacaran. Nanti saja kalau sudah punya uang sendiri." Seperti biasa nasehat Mama selalu keluar.

Sayang kalau udah pacaran sekarang. Tiba-tiba tahun berikutnya ketemu cewek yang lebih cantik. 

"Ah, sayang! Rugi deh aku." 

Makanya berteman saja yang banyak.

Susah juga disuruh upload foto di IG. Enggak mau katanya.

Mama iseng upload foto. Hehehe banyak juga yang like.


audyjo.blogspot.com





Share:

Me Time Abigail Belajar Berani




Me time
Presentations from Abigail for parents.
Share:

Buletin My World

Indonesia Website Awards

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri
Kehidupan pribadi yang penuh cerita, baik suka maupun duka. Rasa marah atau senang yang perlu ditulis. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Berbenah diri selalu.

Isi Email - Untuk Cerita Terbaru via Email

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Audy Jo

Audy Jo
Moms like to write, all about life, family and others related to life. Mentor Online Class for Women.

Ebook Audy Jo


Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

AJPena Jasa

AJPena Jasa
Buat Ebook Dan Blog