Tampilkan postingan dengan label Parenting. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Parenting. Tampilkan semua postingan

Pilihan Sekolah Masih Di Tangan Orang Tua






Ceritadiri.com ~ Dari jauh hari sudah dipikirkan kalau nanti ananda yang pertama masuk SMA, kalau bisa masuk Negeri saja.

Kayaknya semua Mama yang anaknya di SMP, sudah berpikir untuk mencoba sekolah negeri.

Apa sih kelebihannya?

Sudah pasti dari segi financial sangat membantu keuangan keluarga.

Sekarang jarak rumah dari sekolah diperhitungkan. Yang beruntung kalau mendapat sekolah negeri unggulan.

Baca juga : Pilihan Sekolah Masih di Tangan Orang Tua

Mencoba peruntungan dengan mendaftar secara online. Naik turun nama di layar laptop. Sewaktu mendaftar di sekolah pilihan.


Kartu Keluarga Berbeda Jadi Pertimbangan

Ternyata tidak masuk karena ada kendala dengan kartu keluarga. 

Kartu keluarga daerah Bandung, mendaftar di daerah Banten, lebih sulit karena jumlah quota untuk peserta spesial seperti kami banyak saingannya. Setshu saya hanya 10 jatah kursi.

Mendaftar bisa, tetapi tergantung saingan. Kalau nilai hasil ujian bagus, bisa dapat jatah masuk antrian. Nilai bagus, rangking online tetap di atas.

Kalau tidak diterima disekolah unggulan enggak usah kuatir, masih ada jalan belakang. Yang pastinya berani bayar mahal. Padahal masuk sekolah negeri gratis, kecuali bayar uang sekolah bulanan. Tetap saja masih lebih muraaah!



Love, Audy




Share:

Pikiran yang Sempit Berujung Kematian



Ceritadiri.com ~ Mendengar kasus seorang ibu yang tega bunuh diri setelah meracuni dua anak balitanya, saya merasa geram.

Sesama perempuan ada rasa empati yang mendalam ketika tahu masalah apa yang telah dialaminya. Tetapi tetap saya tidak menyukai pilihan yang diambil.


Persoalan Yang Ada Jalan Keluar

Persoalan yang sebetulnya masih dalam batas yaaa normal untuk tidak mengambil jalan pintas. Suami berhubungan dengan perempuan lain. 

Enggak habis pikir, kenapa harus berpikiran sempit, harus membunuh anaknya. Barangkali biar suaminya didera rasa bersalah. Hem .. sampai kapan rasa bersalahnya bertahan. Palingan cuma sebentar, terus kawin lagi. 

Betapa sempitnya pikiran perempuan itu. Kesedihan hanya sementara. Dan akan dilupakan. Sayang sekali!

Semestinya bertahan, hadapi terus, maksudnya tantang terus hehehe. Maafkan rasa jagoannya keluar. Kebiasaan berkelahi, melempar batu pada saat main perang-perangan.

Ohhh! Buat teman perempuan lain. Kalau masih cinta, kejarrr! Kalau sudah tidak cinta, tinggalkan! Masih banyak lelaki yang baik di tempat lain.

Tunjukan bahwa perempuan itu keren!

Selalu bergabung dengan komunitas. Kalau ada masalah jangan dipendam. Cari seseorang yang bisa diajak bertukar pikiran, dan yang pastinya "ember tidak bocor".

Tetap semangat yaa teman perempuanku.



Love, Audy

Share:

SimSalabim



Ceritadiri.com ~ Sejak Ananda Attila dan Abigail dari kandungan selalu didoakan menjadi anak yang pintar.

Share:

Momen Berdua bersama Abigail




Ceritadiri.com ~ Jadi deh buat malam Natal.
Share:

13 Tahun Umurmu



Ceritadiri.com ~ Hari spesial untuk anak cantik yang spesial.

Suka terharu kalau lihat foto anak-anak sewaktu bayi. Teringat perjalanan panjang sewaktu ingin mempunyai anak.

Barangkali tidak seperti keluarga lain, yang gampang dapat anak. Walaupun ada juga yang sama ya, situasinya dengan saya.

Vitamin dan semua obat sudah diminum. Hanya ijin Tuhan saja yang bisa  berhasil. 

Menunggu lima belas tahun sejak menikah untuk mendapatkan anak perempuan. 

Hanya doa sederhana yang berulangkali diucapkan "Tuhan kira-kira bagaimana rupa anak perempuanku kalau lahir?" Padahal saat itu belum ada kehamilan. 

Berserah kepada yang kuasa, dan akhirnya dikabulkan.

Setiap hari berdoa untuk kekuatan dan kesehatan untuk bisa melangkah mendampingi keluarga. 

Sampai juga di hari ini. Diumur ke tiga belas tahun ananda Abigail.  Bersyukur Tuhan untuk sampai di hari ini.

Banyak pengharapan yang ingin didapat untuk anak terkasih, tetapi harus berserah saja. Sudah pasti Tuhan memberikan hadiah yang terbaik untuk kedua anak saya.



Selamat Ulang Tahun ananda Abigail Thalia Nataprawira 

Doa mama selalu sehat, banyak berkat di dalam perjalanan hidupmu. Mendapat jodoh yang sayang ananda, takut sama Tuhan pastinya. Pandai mengelola rumah tangga dan keuangan. Banyak lagi ... keinginan mama untuk ananda.

Tuhan Yesus Memberkati.



Love Mama Audy




 

Share:

Caranya Bagaimana, Ma?

 


Semoga ANAK-ANAK lelaki kita seperti tanam-tanaman yang tumbuh menjadi besar pada waktu mudanya; dan ANAK-ANAK perempuan kita seperti tiang-tiang penjuru, yang dipahat untuk bangunan istana!
Share:

Entrepreneurship Is Own Mindset

 




Ceritadiri.com ~ Slogan keren dari SMP Santa Ursula yang ditunjukkan dengan 3 jari dan diakhiri dengan mendekatkan tangan ke kening seperti memberi hormat.

Memasuki awal pelajaran yang sebenarnya, sekolah mengadakan pertemuan dengan orang tua murid dengan tema yang keren

 "Reframing Learning  System" dimana pembelajaran tetap dilakukan secara daring atau online. Begitu pula dengan kegiatan 17 ekstrakurikuler yang diadakan sekolah Santa Ursula Bandung. Kita singkat saja SanUr yaa.

SMP SANTA URSULA ADALAH SEKOLAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP. SISWA DIBANTU UNTUK MENJADI PEMIMPIN YANG KRITIS, KREATIF, INOVATIF DENGAN MENGEDEPANKAN KARAKTER SEPERTI CINTA DAN BELAS KASIH, INTEGRITAS, TANGGUH, TOTALITAS, SEMANGAT PERSATUAN, SEMANGAT PELAYANAN


Mengutip dari Sr. Magdalena Lian OSU, Ketua yayasan Prasama Bhakti. Kalau dilihat kembali pada abad ke 18 di mana dimulainya revolusi industri. Pada point :

 1.0 Tenaga manusia dan hewan diganti mesin

2.0. Pekerjaan manusia dan Hewan diganti mesin.

3.0. Muncul komputer.

4.0. Tekhnology Cyber

China mulai dengan 5.0. Society memanusiakan manusia dengan tehnologi.

Setiap pengetahuan akan selalu berubah. Setiap anak-anak diberi pembelajaran karakter yang baik, juga ketrampilan yang tidak akan terpengaruh oleh perubahan jaman dan bisa menyesuaikan diri. Bisa berpikir kritis,  inovatif dan kreatif. 

Mengapa karakter itu penting?

Karakter adalah pondasi dasar dari setiap pribadi.  Walaupun pintar kalau tidak mempunyai karakter yang baik, anak akan menjadi penjahat.

Kalau jaman dulu orang tua hanya menitipkan anak kesekolah untuk didik yang penting orang tua sudah membayar uang sekolah. Kalau di jaman sekarang sudah tidak bisa lagi lepas tangan. Orang tua harus bersama sekolah mendidik anak-anak apalagi di masi pandemi ini yang sistem pembelajaran secara daring. Orang tua harus selalu memantau perkembangan anak karena anak-anak yang Tuhan titipkan adalah investasi masa depan bangsa.

Ketrampilan dan karakter yang dimiliki anak-anak perlu waktu atau proses yang panjang untuk mencapai hasil yang baik. Diperlukan visi dan misi yang sama antara sekolah, pendidik dan orang tua. Biasanya untuk mengetahui proses tersebut bisa dilihat dari para alumni sekolah yang sudah berhasil. 

Setiap perkembangan anak sebagai murid disekolah bisa dipantau dengan aplikasi Moodle

MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning

Setiap pembelajaran yang ada dapat kita pantau. Berapa lama waktu yang dibutuhkan anak-anak untuk mengerjakan soal atau tanggung jawab sebagai murid yang harus dikerjakan. Sehingga tidak terjadi penumpukkan pekerjaan atau multitasking dalam hal ini tugas kelas.

Multitasking adalah keterampilan dalam mengerjakan beberapa aktivitas atau pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Kejelekan dari multitasking :

1. Mengurangi IQ

2. Mengurangi daya ingat

3. Merusak otak

4. Tidak efisien 

5. Hanya 40% pekerjaan yang selesai. 

6. Tidak fokus.


Cara mengurangi Multitasking bisa dengan:

1. Membuat to do list.

2. Mute notifikasi dari medsos yang tidak penting.

3. Learn to say "NO"

Misalnya teman remaja yang mengajak main atau kegiatan yang tidak penting.

Tetapi di dalam kehidupan remaja saat ini diperlukan beberapa adaptasi karena masih bergejolaknya emosi yang belum stabil.

Dari masuk SMP - SMA bisa disebut Remaja Awal.

Memasuki akhir SMA anak-anak bisa disebut memasuki tahap dewasa.

*Remaja di kelas 8 adalah remaja awal karena banyak emosi yang bergejolak seperti marah-marah. Untuk anak kesayanganku biasa sudah mulai memperhatikan lawan jenis tetapi papanya enggak boleh tahu, "psst ..., Mama sini deh Ade ada rahasia,  tapi jangan bilang papa yaa ... banyak rahasia yang ingin dibagikan tetapi tidak bisa semua orang harus tahu. 

*Memasuki kelas 9 disebut Remaja pertengahan; emosi sudah lebih berkurang, tetapi muncul ketakutan sendiri seperti melihat masa depannya bagaimana.

Dalam hal ini peran orang tua sangat diperlukan untuk mendampingi anak-anak. Orang tua harus terbuka harus siap untuk tempat curhat. Apalagi di masa pandemi seperti ini kebiasaan baru anak-anak lebih banyak ke arah digitalisasi seperti bermain game online karena mereka tidak bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya sehingga diperlukan dukungan dari orang tua untuk membantu sekolah dalam hal ini para pendidik.

Anak butuh support system. Bukan hanya orang tua, guru, keluarga disekeliling atau lingkungan sosial. Kita perlu memanfaatkan support system yang ada agar:

- Mendorong  perilaku dan kebiasaan yang positif. 

- Meminimalisir stres dan meningkatkan motivasi

- Membantu menangani situasi sulit.

- Menyehatkan fisik dan mental


Anak-anak khususnya remaja memerlukan Support System yang baik seperti:

- Bisa memberi nasehat

- Menghormati dan mempercayai keputusan  yang dibuat.

- Memberikan ruang untuk berubah atau tumbuh. 

- Menerima keputusan yang dibuat walau terjadi kesalahan.

- Mendengarkan dan mau berbagi dalam segala kondisi.

- Menjaga rahasia.

 SanUr sendiri sebagai salah satu sekolah katolik dengan model pembelajaran Entrepreneurship. Walaupun secara harafiah diartikan seseorang yang suka berdagang atau berwirausaha tetapi dalam hal ini lebih dititik beratkan ke mindsetnya.

Apa yang dimaksud mindsetnya:

1. Kerjasama

2. Kreatif,  Inovatif

3. Kritis

4. Berkarakter.


Siklus belajarnya melalui:

- Exploring/Menjelajahi. 

- Synchronizing/Menyinkronkan

- Experimenting/Bereksperimen

- Executing/Mengeksekusi

Setiap pembelajaran dibutuhkan waktu yang khusus untuk bisa lebih banyak berdiskusi atara anak murid dengan para guru. Setiap pembelajaran berdasarkan proses bukan hanya hasilnya saja. Diperlukan pemantauan untuk melalui proses yang terjadi sehingga setiap karakter yang baik bisa muncul di diri setiap anak.

Salam,

"Entrepreneurship Is Own Mindset" 



Love, Audy

Klik ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ All about Me

Another Blog :

KeCap Akoe

Renungan

Audy Jo Books Shop 





Reff:

Pertemuan Orang tua Murid dan Sekolah SMP Santa Ursula Bandung

Profil SanUr

Ruang guru

Wikipedia (Moodle)

Alodokter

Share:

Terlewatkan Momen Yang Menegangkan

 



Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion. 



Sambungan

Ceritadiri.com ~ Bersiap-siap, serasa mau masuk medan perang.

Dari subuh sudah bangun. Seperti biasa sih. Cuma waktu pagi di persingkat untuk mempersiapkan "baby kecil" masuk sekolah barunya.



Papa dan mama sedikit panik, walaupun enggak di tampilkan wajah paniknya hahaha.

Serasa membawa petarung masuk ring tinju untuk menghadapi petinju lainnya.

Persiapan ember, air minum, vitamin seperti Maginto untuk pencernaan. 

Untungnya dibangunkan pagi hari tidak ada perlawanan. Tetapi semangat untuk mempersiapkan diri.

Kalau daerah panas sih biasanya sudah mandi keramas. 

Tetapi ... brrr dingin di sini. Mandi koboi aja deh. Yang penting enggak kelihatan baru bangun tidur.

Sarapan pagi maunya bubur bebe aja. Disiapin roti kayaknya ga bisa tertelan.

Seperti biasa ... sambil menunggu zoom dibuka mama duduk disamping sambil berceloteh ... mulai dari cerita masa kecil,  berpindah sekolah, biar mengalihkan ketegangan.

Woww ... pesertanya 300 lebih. Sepertinya dari semua angkatan. Kelas 7, 8 dan 9 ada 4 kelas. Satu kelas berisi lebkur 31 murid.

Hari pertama masuk sekolah berdoa dan upacara bendera, setelah itu pembagian kelas dan ada tugas kelompok.

Ampun ... sangking lupa barangkali atau enggak pernah upacara bendera via online, mau penghormatan malah bingung. 

Tangan kanan apa tangan kiri. Karena kalau menghadap layar dengan tangan kanan seperti penghormatan dengan tangan kiri. Bikin geli juga momen ini. Lol.

Yang kerennya lagi gaya hostnya seperti penyiar radio. Oala ... ternyata benar SMP ini punya radio sendiri juga ada podcastnya. Medsos apalagi benar-benar deh cocok buat anak jaman sekarang.

Sambil terus memberi semangat. Kendala hanya di Internet saja yang suka "lemot". 

"Coba begini, De!" 

"Psst ... psst ...." 

"Iih di shut ... shut."

Ternyata  "baby kecil" udah ngerti cara main laptop gimana hahaha. Ya sudahlah akhirnya mama keluar kamarnya. Hatinya sudah masuk di grup sekolah.

Yang tadinya papa dan mama berpikir negatif, ternyata tidak terjadi. 

Semangat Abigail.






Love, Audy

Share:

Tim's Project For Mama Audy Jo





By Attila
Share:

Prakarya Kakak





Ceritadiri.com ~ "Bagus kaa, buat sendiri yaa?"
Share:

Prepare Sejak Malam Hari






Ceritadiri.com ~ Cewek yg imut bikin persiapan udah heboh aja dari semalam. Sudah pilih tas ransel, beli snack maunya yg kecil.

"Eit ... eit ... no ... no ... beli yang bikin kenyang aja, De!"

Mama ketakutan kalau anaknya Lapar jadi dech beli Roti merk"anu" yg rame itu.

Minuman tetep air putih is the best. 
Selipin aja susu mocha merk"anu".

"Cepet ... cepet hayoo tidur! Nanti abel ketinggalan bis!"

Jam 4 sudah bangun,"loh! de masih jam 4 subuh!" 

Ya sudah pindah tempat tidur. Eh jam 5 pindah lagi tempat tidur. Kebablasan  dech tidur sampe jam 6.

"Makan yang banyak yaa! Nanti mau jalan kaki. Cepat mandi. Jangan lupa pake Body Lotion Merk Oriflame yg Essence & Co. Bau wangi mawar. Pake parfum jangan Lupa hehehe tetep parfum mama yg dari Oriflame Tenderly.

"Yuuk berangkat!"

Untung tepat waktu yaa. 

Have nice trip.๐Ÿ˜˜๐Ÿค—






Love, Audy
Share:

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri

Cuap-cuap Akoe - Cerita Diri
Kehidupan pribadi yang penuh cerita, baik suka maupun duka. Rasa marah atau senang yang perlu ditulis. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Berbenah diri selalu.

Cerita Lain di Blog

Isi Email - Untuk Cerita Terbaru via Email

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Audy Jo

Audy Jo
Moms like to write, all about life, family and others related to life. Mentor Online Class for Women.

Ebook Audy Jo


Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

AJPena Jasa

AJPena Jasa
Buat Ebook Dan Blog