Menu

 

Tampilan Terbaik

 





Audy Jo


Apa karena saya anak pantai ya? Anak pulau yang banyak main di pantai! Menduga-duga perjalanan hidup ketika kecil.

Kadang ketika menghadapi anak remaja yang salah arah, kita perlu menceritakan momen ketika kita masih remaja. Sebagai bahan perbandingan saja, bahwa kita juga pernah ada di usia mereka 

Masa remaja penuh dengan gejolak karena tidak tahu apa yang terbaik buat diri sendiri. 

Mencoba berbagai hal yang mereka anggap cocok. 

Sebagai orang tua dan pernah mengalaminya, kita juga mencoba dan kadang gagal. 

Karena keegoisan kita mereka diarahkan sesuai dengan keinginan kita. Padahal anak-anak itu harus mencoba pilihan sendiri, sehingga mereka akan tahu apa yang terbaik untuk mereka sendiri.

Tidak ada maksud buruk, ketika semua orang tua menganjurkan apa yang terbaik untuk mereka. Hanya memintas waktu supaya mereka langsung memilih yang terbaik. Hem ... versi orang tua.

Masa remaja penuh dengan ide mengenai penampilan, bawaan mereka harus seperti apa. Mulai dari rambut, wajah, kulit yang banyak masalah juga bagaimana mereka berpakaian.

Banyak produk yang ditawarkan di berbagai platform belanja online. Kadang sebagai orang tua engga habis pikir. Begitu murah barang yang ditawarkan, bagaimana dengan kualitasnya?

Kejadian ini dialami oleh Ananda, ingin lipgloss katanya. Sebenarnya untuk produk kecantikan biasanya saya memakai merk dari Swedia, karena saya sebagai penjual juga memakainya. Sudah bertahun saya mengenal produk ini. 

Tergiur oleh harga yang murahnya kebangetan akhirnya dibeli via online. Ternyata yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi. Jadi barang tidak terpakai dan Ananda ingin membeli lagi yang lain. Sebagai orang tua, memperhatikan saja apa yang ingin dicari. 

Bukan mau memberi pelajaran, tetapi ada momen yang nantinya akan diingat ketika menginginkan sesuatu harus dipertimbangkan masak-masak. 

Enggak dilepas begitu saja. Karena Ananda sebelum membeli sudah bertanya dulu kepada saya, orang tuanya. Di cek dulu, apakah benar? Apa cocok tidak? Karena yang dioleskan di bibir sangat berbahaya karena sangat sensitif.

Seorang remaja memang keingintahuan begitu tinggi. 

Pada dasarnya sebagai manusia ada beberapa yang perlu diperhatikan ketika masuk dalam kehidupan sosial. Mulai dari:

1. Wajah

Wajah harus selalu bersih jangan kusam. Minimal ada bedak, lipstik alis yang rapih.

Memang sebagai remaja tidak terlaku banyak yang perlu diperhatikan. Yang penting wajah bersih. Penanganan jerawat harus lebih intens dirawat.

Minimal dasar perawatan wajah memakai Cleansing, pembersih muka dan Toner untuk menutup pori-pori yang sudah dibersihkan.

Baca juga : Menangani Jerawat Membandel


2. Rambut

Pemilihan model rambut biasanya masih mencari yang pas di wajah. Beruntung kalau anak-anak bisa diberi pengertian kalau rambut itu akan panjang lagi! Ketika mencoba rambut model pendek kadang ada yang cocok, kadang ada yang tidak. 

Kelebihan rambut panjang bisanya menutup kekurangan yang ada di wajah.

Kebersihan rambut juga harus sering dijaga. Pernah kejadian ada kutu di rambut, ternyata teman kelasnya ada yang berkutu.

3. Penampilan

Keseluruhan tampilan biasanya sesuai dengan gaya atau style yang diinginkan. Tanpa sadar biasanya mereka akan meniru orang tua mereka.

Dengan pemilihan baju yang tepat, tentu tidak ada anak-anak yang bergaya seperti orang tua.

Sedikit sulit menentukan gaya yang mereka inginkan. Kadang tumpang tindih. Ada rasa malu ketika anak remaja perempuan mulai bertumbuh. Kadang mereka menundukkan kepala dan menarik badan ke belakang agar tampak depan dada kelihatan rata. Takut menarik perhatian lawan jenisnya ketika mereka merasa mereka terlalu "besar".

4. Bau badan 

Hal yang menggangu dalam pertumbuhan anak remaja. Dengan perubahan hormon yang ada mereka harus lebih lagi menjaga diri mereka.

Dengan kegiatan yang seabrek, anak-anak biasanya kadang tidak memperhatikan yang satu ini. 

Kebiasaan dari kecil mereka tidak pernah melihat kebagian ketiak. Karena waktu kecil mereka berbau harum, harum bayi.

Beruntung kalau mereka tidak bermasalah dengan ketiak mereka. Biasanya hal ini terjadi karena orang tua mereka tidak bermasalah. 

Untuk anak-anak dengan kondisi berbeda biasanya dianjurkan untuk mandi lebih bersih dan memperhatikan kebersihan ketiak. Mulai dari sabun yang pas dan memakai deodorant yang sesuai juga.

Sepertinya kelihatannya mudah , tetapi sulit. Karena ketika sabun yang dipakai tidak cocok malah bau badan itu akan keluar lebih bau.

Memakai deodorant pun begitu, kalau tidak cocok malah akan lebih bau badannya. Belum lagi ketika kulit ketiak tidak bisa menerima zat yang ada dalam deodorant bisa menimbulkan iritasi.

Baca juga : Activelle Extreme

 

5. Bau Kaki

Enggak anak-anak saja, orang tua pun akan menemui masalah ini. Semua berawal dari kebersihan diri, khususnya bagian kaki. Biasanya kita fokuskan pada sela-sela jari kaki.

Kalau yang saya perhatikan biasanya ketika mandi hanya menyabuni kulit luar badan atas lebih cepat , dan malas menunduk lebih lama. Paling hanya sekilas saja dan langsung bilas. 

Memang harus lebih intens membersihkan sambil menundukkan badan. Ambil waktu dengan sikat gigi bekas menggosok celah jari kaki dengan sabun. Juga kuku kaki, kadang kotoran menumpuk di pinggiran kuku juga di bawah kuku.

Kebersihan kuku harus dijaga. Selalu memotong kuku dengan pas, jangan lebih dalam dari ujung kulit jari. Lebih baik pas saja.

6. Bau Mulut

Pakai permen papermint saja kalau lupa gosok gigi.

Kalimat di atas kadang terlontarkan, ketika terburu-buru pergi ke acara. Tidak baik sebetulnya, tapi kalau lagi emergency ini adalah hal yang dapat dilakukan secepatnya. 

Makanya kadang sedia permen di dalam tas untuk hal yang tidak terduga. Meskipun kejadian ini jarang terjadi. Tetapi bolehlah menyimpan permen dalam tas, apalagi ketika selesai acara makan-makan bersama kolega dan Anda tidak merokok.

Dari kecil sudah diajarkan cara menyikat gigi yang baik. Dari gigi atas, sikat gigi mulai dari gusi ke bawah. Begitu juga bagian gigi bawah, arah sikat gigi mulai dari gusi ke atas gigi. Juga bagian dalamnya. Kadang terlupakan di bagian sudut gigi bagian atas, disikat lebih berbelok, karena lebih tersembunyi.

Dari berbagai informasi dan saya ambil untuk dilakukan misalnya, sebelum menyikat gigi jangan membasahi sikat gigi dengan air, langsung diberikan odol. Perlahan saja menggosoknya. Lebih kurang 2 menit.

Sehabis makan tunggu beberapa menit untuk sikat gigi. Jangan langsung menggosok gigi.

Saya menganggap semua tidak menyakiti saya tentu itu tidak masalah untuk saya lakukan.

Nah, saya rasa dengan memperhatikan beberapa hal di atas kita sudah siap untuk melakukan aktifitas hari ini.

Apa yang ditakutkan tidak akan terjadi kalau Anda sudah siap dengan "senjata tempur tadi!"

 Baca juga : Hilangkan Bau Badan


Meskipun kita sudah siap kadang ada peristiwa yang tiba-tiba terjadi. Untuk mengatasi hal seperti itu kita persiapan barang yang memang diperlukan di dalam tas kecil yang disimpan dalam tas setiap kita bepergian. Repot memang! Tetapi apa boleh buat, ketika Anda jauh dari warung atau toko!

Biasanya, deodoran, sisir, bedak tabur, handuk kecil, pantyliner, pembalut. Isinya sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Selamat beraktifitas!


Love, Audy

Share:

0 Comments:

Posting Komentar




AJPena Online Class

Buletin My World

Klik Ikuti - Untuk Cerita Terbaru

Ebook Audy Jo







Klik Gambar Buku untuk Beli
Pembayaran via : CC, Alfamart, GoPay, OVO

Advertisement