ONLINE CLASS


 

Sekeping Surga di Sumatera Utara Blog Competition Kompasiana


Sekeping Surga di Sumatera Utara



Heritage of Toba, sekeping surga yang Tuhan titipkan di Sumatera Utara. Dengan alam yang membentang dari sudut manapun sungguh mempesona. 





Danau Toba sebagai Destinasi Panorama Alam. 

Danau Toba, seperti yang kita ketahui saat ini, dulunya merupakan sebuah gunung yang kemudian erupsi atau meletus dengan sangat dahsyat. Pasca letusan dahsyat itu, kaldera Toba tertutup batu-batuan beku yang kemudian air mengisi lokasi itu hingga membentuk danau.




Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. berawal dari letusan gunung purba. Kaldera sering tertukar dengan kawah vulkanik. Kata "kaldera" berasal dari bahasa Spanyol, yang artinya wajan. wikipedia

Akibat letusan dahsyat 74 ribu tahun yang lalu, ini memicu perusakkan iklim global dan berdampak besar bagipopulasi manusia di seluruh  dunia. Erupsi kaldera super volkano kemudian menyisakan bentang yang khas berupa peninggalan danau vulkanik terbesar ukuran panjang 100 kilomer, dan lebar 30 kilometer. 




Salah satu Danau terbesar di Asia Tenggara, dan Danau Kaldera terbesar di dunia, danau ini  berada di ketinggian 904 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman hingga 505 meter.




Sebagai Unesco Global Geo Park atau Taman Bumi Warisan duniaIndonesia dapat mengembangkan Geopark Kaldera Toba dalam kaitan pemberdayaan masyarakat lokal.

Ada lima Destinasi Super Prioritas atau DSP yaitu, Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Kawasan Danau Toba atau DSP Toba telah dicanangkan sebagai salah satu ikon baru berbasis panorama alam  program Wonderful Indonesia. Harapannya bisa membuka lapangan kerja untuk masyarakat di sekitar Danau Toba.




Kawasan Danau Toba memiliki 7 Kabupaten yang meliputi :

1. Kabupaten Samosir

2. Toba Samosir

3. Dairi

4. Karo

5. Humbang Hasundutan

6. Tapanuli Utara

7. Kabupaten Simalungun 


Danau Toba sebagai Destinasi Wisata

Heritage of Toba memiliki bermacam tempat indah untuk wisata mulai dari pantai, pegunungan pusuk buhit, situs peninggalan suku batak yang masih terawat baik sampai hari ini.

Di Kawasan ini menawarkan selain keindahan alam juga keindahan budaya lewat tarian, ukiran, pakaian, adat istiadat, rumah adat dan tempat bersejarah juga dengan beragam kuliner seperti Ikan Mas Arsik, Daun Ubi Tumbuk, Ayam Panggang Gota, Babi Panggang, Tuak, Mie Gomak (mie yang diambil dengan tangan), Kue Ketawa, Kacang Rondam, Lapet dan masih banyak lagi.

Salah satu mahakarya suku Batak adalah ulos. Ulos memiliki peranan penting karena selalu dipakai dalam upacara adat suku Batak mulai dari adat pernikahan, kematian, juga merupakan tanda kasih sayang terhadap keluarga.

Kelurahan Parapat, di Sumatera Utara, salah satu tempat sebagai akses melalui jalan air memakai kapal fery menuju Pulau Samosir di tengah Danau Toba.

Rencana jalan darat yang menghubungkan Pulau Sumatera Utara dengan Pulau Samosir akan dihubungkan dengan Jembatan Aek Tano Ponggol yang diharapkan sudah selesai tahun 2022.





Pulau Samosir banyak memiliki tempat wisata seperti :

- Pantai Pasir Putih Parbaba

- Air Terjun Efrata di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian.


 Air terjun Efrata.

- Hot Spring Pangururan

- Wisata Bukit Sibea bea Harian Boho

- Pantai Sigurgur

- Pantai Indah Situngkir.

- Batu Gantung

Batu Gantung adalah sebuah cerita rakyat yang berkembang di daerah Danau Toba di Sumatera Utara. Alkisah diceritakan tentang seorang gadis cantik jelita yang bunuh diri dikarenakan akan dinikahkan oleh ayahnya dengan anak namborunya. Calon suaminya ini bodoh dan dari keluarga yang kaya. Pada zaman itu diwajibkan seorang gadis menikah dengan anak namborunya. Akhirnya gadis tersebut memutuskan untuk terjun dari tepi jurang dan melompat ke bawah bersama anjing kesayangannya yang selalu mengikuti ke mana gadis ini pergi. Pada saat terjun rambut gadis ini tersangkut di salah satu pepohonan yang tumbuh di tepi jurang, Tubuhnya tergantung saja di situ bersama anjingnya hingga menjadi batu yang sekarang disebut dengan "batu gantung". Wikipedia.


Danau Toba sebagai Destinasi Pejalan Kaki

Wisatawan dapat datang melalui Bandara Udara Intenasional Silangit atau sekarang dikenal dengan nama Bandara Udara Internasional Sisingamangaraja XII. Bandara ini terletak di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Dari Bandara udara, melalui jalan darat menuju Danau Toba memakan waktu lebih kurang dua jam.  Melewati pinggiran bukit daerah Tele yang dikenal dengan nama Kawasan Geopark Kaldera Toba. Dari tempat ini dapat melihat pemandangan indah Danau Toba yang kadang diselimuti kabut. 





Wisatawan yang senang tracking bisa juga mendatangi kawasan Bukit Holbung di sekitar Danau Toba. Mulai berjalan dari desa Huta Hulbong yang berusia 200 tahun menuju puncak bukit yang terlihat seperti bukit di serial anak Teletubies. Dengan penuh kesabaran harus melalui 5 bukit untuk sampai ke Bukit Holbung berada di daerah Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Kepulauan Samosir.



Bukit Holbung. Dok.Sukron sumber pinterest https://pin.it/IE6GDKL


Membutuhkan lebih kurang 20 sampai 30 menit berjalan melalui tangga. Setelah itu dilanjutkan melalui jalan setapak untuk sampai di puncak Bukit Holbung yang indah. 

Akhirnya, setelah sampai di Bukit Holbung dapat melihat pemandangan Danau Toba yang indah. Sayangnya di puncak Bukit Holbung kebersihan kurang terjaga. Banyak sampah yang dibuang sembarangan dari para wisatawan yang berkunjung.


Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Religi

Di daerah Bukit Sibea-bea, di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir wisatawan yang datang  akan disuguhkan pemandangan Danau Toba yang dikelilingi bukit hijau nan sejuk.  Sambil menyusuri jalan aspal yang dibuat secara berkelok-kelok. Kondisi jalan yang bagus dapat dijadikan jalur olah raga yang aman dan nyaman.

Apalagi di atas bukit Sibea-bea akan dibangun patung Yesus dengan ketinggian 61 meter. Proses pembangunan patung sedang berlangsung dan diperkirakan akan selesai September 2021, sedangkan penataan lokasi ditargetkan bulan Juni 2022. Patung sebagai daya tarik MICE di Indonesia Aja yang merupakan wisata religi bagi umat Kristiani. Patung Yesus di Sibea-bea merupakan patung terbesar di dunia menggantikan patung Yesus "Christ the Redeemer" di Rio De Janeiro, Brazil.

Diharapkan dengan adanya ikon religi  umat kristiani dalam pose memberkati, bisa mendekatkan para wisatawan dengan yang Maha Kuasa.


You tube Suara Katekis


Screen shot dari You tube Suara Katekis

'nd

Danau Toba menjadi tempat wisata yang lebih baik. Perlu adanya fasilitas yang lebih baik, seperti toilet, tong sampah, juga tempat khusus untuk ibu menyusui. Apalagi tempat kuliner yang representatif di mata Internasional, sehingga program Wonderful Indonesia bisa mengharumkan nama Indonesia sebagai "Tuan Rumah" yang benar-benar siap menerima "Tamu".



Love, Audy Jo 

Reff :

Kemenparekraf/Baparekraf Republik Indonesia

Kemenparekraf.go.id

Indonesia.travel

You tube Kemenparekraf "The Heart Beat of Toba"

You tube Rikas Harsa

Samosirkab.go.id

Pinterest. Sukron https://pin.it/IE6GDKL 

You tube Suara Katekis

- Sumber foto dok. Foto Veronika br Naibaho

- Bethseba Ayu

- Meika Tanny Saragi

- Kiky Yuanita

- Ester Gultom


Cek Tulisannya di Kompasiana

Posting Komentar

0 Komentar