Advertisement

Main Ad

Yang Hangat di Udara Dingin

 



Pernah enggak kepikiran?  "Kenapa kalau makan Bakso atau yang berkuah panas paling enak makan di Bandung?" Padahal di Jakarta atau tempat lain ada juga yang jualan bakso.

Jawabannya cuma satu ..., udara dingin. Walaupun barangkali di tempat lain juga dingin dengan pendingin udara. 

Sepertinya Kota Bandung sudah indentik dengan pusat kulineran. Semua jajanan ada dimana saja. Mulai dari Tempat yang mewah sampai yang berjejeran dipinggiran jalan. Rata-rata yang sudah dicoba lumayan enak.

Yang paling gampang kalau lagi lapar cari camilan cepat yang banyak dipinggir jalan biasanya Batagor dan baso tahu. Duh jadi berliur nih ngomongin salah satu makanan kesukaan.

***

Lumayan sih kalau di tempat sini. Kalau enggak mau makan di warungnya, bawa saja ke mobil.

Cuma lama kelamaan, pelayanannya kurang ramah jadi deh pindah kelain hati. Ini  tuh yang di jalan Ciliwung dekat "per-enaman" yang ada pohon besar dan banyak kios jual beli sound system untuk mobil. "Baso Tahu Kembar"


Jl. Ciliwung dekat tmn. Cibeunying 

Jl. Ciliwung dekat tmn Cibeunying 

Biasanya di daerah Taman Cibeunying banyak gerobak baso tahu. 

Terahir yang ketemu di Jalan Ciliwung. Setelah belokkan  dari Jl. Supratman masuk ke Jalan Ciliwung cari gerobak yang kedua yaa ... bukan yang jualan pertama deket belokkan.

Biasanya lebih banyak pengunjung. Namanya Siomay Ciliwung. Kalau dilihat dari penampilannya pasti mikir dua kali hehehe.

Aih tapi bukan mau cerita soal baso tahu nih hehehe. Kalau mau cerita tentang kulineran di Bandung ge habis-habis deh. Nanti satu persatu kita bahas yaa ....

***


Yang sering ke Bandung suka mampir enggak ke Bakso Cuanki Serayu? 

Cuanki merupakan salah satu jajanan yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat yang berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu yang kuat berisi bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus dengan taburan bawang goreng dan daun seledri. Wikipedia


Boleh nih mampir di sini :

1. Bakso Cuanki Serayu di jalan Mangga dengan warung yang kecil. Karena sekarang lagi jaman pandemi,  protokol kesehatan lebih diperketat. Lama makan di sini diatur enggak boleh lama-lama.



Jl. Mangga


Jl. Mangga


2. Bakso Cuanki dan Batagor  Serayu di Jalan Serayu. Di sini bisa dibilang pusatnya. Sama juga tempat makannya berupa warung. 

Kalau malas makan di warung bisa minta antar, makan di mobil. 

Di masa Pandemi jam makan dibatasi. Kecuali sewaktu masuk PPKM tidak bisa lagi makan di warung. Semua harus take away

Jl. Serayu makan di mobil

Bakso cuanki biasa dijual oleh pedagang keliling menggunakan pikulan sehingga cuanki sendiri merupakan singkatan dari kata Cari Uang Jalan Kaki. Baik bakso cuanki maupun bakso malang, sangat pas jika disantap ketika hujan turun. Sebab bakso berkuah dapat menghangkatkan tubuh di kala cuaca sedang dingin. IDN Times


Pusat cuanki dan di cabangnya rasa baksonya tetap sama. Harga seporsinya Rp. 22.000,-

Cuma satu saja sarannya. Kalau makan yang hangat enaknya langsung di tempat kalau dibawa pulang bungkus plastik "kenapa rasanya kurang afdol yaa".  Lebih baik bawa mangkok aja deh sendiri dari rumah jadi makan di mobil. 

Mampir waktunya sore hari atau pas lagi udaranya sejuk. Tapi ah enggak pengaruh kalau di Bandung! Biar cuaca panas, tapi anginnya suka sumriwing dingin. Brrr ....

Yuk mampir. Dijamin pengen lagi pengen lagi. 




Love, Audy


PPKM: (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)

Post a Comment

0 Comments