Advertisement

Main Ad

Akhirnya Ketemu Juga.




Cantik blognya .... 
Dapat pujian itu sesuatu banget. Apalagi dari mentor kelas yang aku ikuti.

Sudah lama cari guru yang bisa ngajarin cara buat blog. Kayaknya sejak buat blog tahun 2018, cari kesana kemari. Cari di antara teman. Jawabnya "enggak ada yang bisa. Enggak ada yang tahu."
Berjalannya waktu, belajar saja sendiri. Mencoba terus, sambil mengisi postingan.

Ampun, karena tidak mengerti. Aku bisa buat 7 blog. 

Sebetulnya  dari tahun 2018 sudah masuk dalam grup online Indscript Creative. Tapi tidak pernah menyelami grup apa yang diikuti. Baru sejak tahun 2019 mulai menggali info tentang grup yang diikuti.

Ternyata ....

Dari grup jualan online satu nyambung ke grup online berikutnya. Sampailah ..., berakhir bertemu dengan mentor Malica Ahmad yang sekarang aku ikuti kelasnya.

Senang ..., tentu  dong. Passionku menggelora. Akhirnya bisa juga memperbaiki blogku yang sudah lama jadi.

Bergulat sendiri karena ketidak tahuan. Mencoba mempraktekkan materi yang di dapat. 

Tips buat yang mengikuti kelas online:

1. Setiap ada materi langsung di praktekkan
Jangan tunggu nanti saja. Harus cepat selesaikan. Kecuali memang ada kendala misalnya  lagi banyak urusan di luaran atau kadang kayak umur aku suka datang puyengnya hahaha

2. Jangan menunggu nanti, karena momen keinginan belajar bisa melempem. Apalagi sudah terganggu dengan situasi di rumah.
Seperti aku nih kalau sudah mandek, enggak bisa mikir. Ganti deh layar notebook ke film mandarin. Ga satu film tapi berseri. Apalagi kalau serinya sudah tamat. Bisa tuh dikejar sampai tamat.

3. Jangan malu bertanya.
Setiap kesulitan biasanya aku screenshot. Tanya lebih detil.

4. Belajar aplikasi penunjang Blog.
Untungnya aku sudah menguasai aplikasi gambar sperti canva. Karena setiap mwnulis naskah kadang ingin di visualisasikan.

5. Trial and error 
Kadang enggak ngerti linknya. Bongkar pasang terus sampai dapat. Biasanya telepon genggam aku pakai. Karena hisa membantu. Misalnya untuk pemilihan warna blog di notebook berbeda hasilnya kalau di layar telepon genggam.

6. Jangan malu. Boleh dong melihat blog teman. Hanya sebagai perbandingan. Yang bagus boleh ditiru. Yang kurang jangan diikuti.

7. Jangan cepat pernah puas dengan hasil yang ada.
Mencoba terus. Sampai di hati rasa puas. Walaupun rasa puas itu relatif ya buat setiap orang berbeda.

8. Stop kalau sudah tidak ada lagi yang perlu dirubah. Kadang kalau keterusan. Pekerjaan yang sudah jadi bisa hilang. Kembali ke awal mula. Kalau sudah begini. Menjeritlah hahaha..

Menampilkan sebuah blog yang cantik memang butuh usaha yang keras. Pujian dari mba Wuri Setiasih Mentorku di Bukuin yang juga founder Meta Aksara. Aih pagi-pagi disanjung. Rasanya usaha yang dilakukan tidak sia-sia jadinya. Pagi nyubuh paling enak untuk belajar. Asal jam bangun harus pas saja. Kalau kepagian bisa diprotes sama hubby

Belajar enggak mungkin berhenti sampai sini, masih banyak aplikasi lain yang perlu diulik.
Semoga selalu sehat untuk mengejar ketinggalan dan waktu yang sudah dibuang percuma. Sehingga umur setengah abad lebih baru mengenal dunia lain.

Sukses untuk para mentorku
Terima kasih.

Audy Jo.

Post a Comment

0 Comments